Strategi pemasaran yang inovatif selalu bekerja lebih baik dan menarikuntuk dapat mempertahankan klien/pelanggan.
Jika Anda menggunakan strategi pemasaran
yang sudah basi, Anda tidak akan tertarik dengan bisnis Anda sendiri.
Dan jika Anda sendiri tidak merasa tertarik dengan bisnis Anda, kenapa
calon klien Anda harus tertarik dengan bisnis Anda?
Staleness adalah musuh dari
setiap bisnis. Itu bisa berupa ide-ide pemasaran yang sudah basi, lelah
dan using. Lihat lebih dekat lagi, apa yang bisa Anda lakukan untuk
melejitkan strategi pemasaran Anda.
Apakah strategi pemasaran Anda sudah
basi? Berikut adalah beberapa tanda dan beberapa hal sederhana yang
dapat Anda lakukan untuk menyegarkan diri:
Tanda pertama: dalam sebuah jaringan, Anda bertemu seseorang, tapi apa yang Anda sampaikan kurang mengesankan dan tidak jelas
Ketika mereka menanyakan apa yang Anda
lakukan, Anda menjawab dengan “pernyataan solusi” yang singkat atau Anda
malas memberi tahu mereka bahwa Anda adalah seorang konsultan manajemen
dan meninggalkan mereka sambil berpikir apakah interaksi ini
benar-benar bermanfaat?
Tanda kedua: Anda tidak memiliki sistem untuk tetap berhubungan dengan kontak, prospek dan klien
Setelah Anda bertemu dengan seseorang,
Anda harus terus berhubungan dengan mereka. Apakah Anda memiliki sistem
otomatis untuk melakukan itu? kebanyakan orang tidak memilikinya.
Solusinya adalah program keep-in-touch.
Top-of-mind Anda perlu membuat kontak terhubung dari waktu ke waktu, sebuah newsletter email sederhana adalah salah satu cara efektif yang dapat menjaga nama Anda di depan klien dan kontak.
Tanda ketiga: Anda baru saja menyelesaikan sebuah proyek dan klien Anda merasa senang, tetapi Anda tidak meminta rujukan
Arahan dari klien yang puas adalah sumber yang berpotensi kuat untuk
sebuah bisnis baru. Menambahkan sistem rujukan sederhana dalam proses
dapat menaikkan arahan secara drastis. Tanda keempat: Alamat Anda sudah tidak sesuai lagiApakah
Anda masih menyerahkan brosur dengan alamat yang lama atau testimonial
dari klien 10 tahun yang lalu? Jika Anda berpikir orang tidak melihat
hal-hal yang Anda lakukan pada diri Anda sendiri. Anda salah.
Mereka memperhatikan segala sesuatunya.
Jauhkan materi pamasaran Anda yang sudah basi ini serta persepsi orang
lain tentang Anda dan bisnis Anda. Buatlah segar dan selalu up-to-date
setiap informasi tentang Anda dan bisnis Anda.
Tanda Keempat: Bila Anda
menerima rujukan, dan telah melakukan sedikit usaha untuk mengubahnya
menjadi klien, lalu Anda berpikir bahwa sudah melakukan penjualan.
Jika Anda berpikir demikian, bisnis Anda
bisa meluncur ke laut. Sikap Anda memperlakukan setiap rujukan dan
calon klien harus sama. Saya tertarik pada Anda, saya ingin membantu
Anda dan saya tidak akan mengambil bisnis Anda.
Tanda kelima: pernahkan metode pemasaran Anda gagal…kemudian Anda berhenti berinovasi?
Hal ini sangat umum: satu hal yang
bekerja dengan sangat baik membuat Anda tidak pernah mencoba sesuatu
yang baru. Anda harus selalu mencoba dan menguji setiap metode promosi
baru. Siapa yang tahu…. Pendekatan lain mungkin menghasilkan klien dua
kali lebih banyak dan lebih hemat biaya.
Apakah Anda bekerja dengan jenis yang sama dari klien seperti yang Anda lakukan lima tahun yang lalu?
Sepuluh tahun yang lalu? Tentu, Anda
merasa nyaman bekerja dengan klien. Tapi mungkin sudah sudah waktunya
untuk menaikan harga Anda, drop beberapa klien yang tidak menguntungkan.
Anda akan mengalami tingkat kemajuan
baru tentang bisnis Anda ketika Anda terus menerus meningkatkan standar
untuk diri sendiri dan bisnis Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar