Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Selasa, 24 April 2012

84 Persen Pelanggan PDAM Sidoarjo Disubsidi

Para pelanggan PDAM Delta Tirta mayoritas masih menikmati tarif subsidi. Dari jumlah pelanggan PDAM sebanyak 102 ribu itu, tercatat 84 persennya masih menggunakan tarif subsidi.

Abd Basid Lao.

“Untuk pelanggan yang memakai tarif subdisi ada 84 persen dan pelanggan yang memberikan subsidi ada 16 persen. Pelanggan yang mensubsidi itu merupakan pelanggan dari perusahaan dan pelanggan yang menggunakan debit air lebih dari 20 meter kubik per hari,” ujar Direktur Umum PDAM Delta Tirta Abd Basid Lao, kemarin.
Pihak manajemen PDAM Delta Tirta memberikan subsidi air kepada para pelanggan tanpa terkecuali. Fortuner Milik … Yaitu saat pelanggan menggunakan air maksimal 10 meter kubik per bulan atau 60 liter air per harinya.
Pemberian subsidi kepada masyarakat pemakai air maksimal 10 meter kubik per bulan merupakan kewajiban sesuai dengan amanah Undang- undang. Sedangkan pemakaian air di atas volume tadi itu, kata Abd Basid Lao, maka para pelanggan dikenakan tarif progresif.
“Biaya tarif sosial per meter kubiknya Rp 850. Tapi ada juga pelanggan yang dikenakan tarif air sampai Rp 8000 lebih,” tegasnya. Untuk menekan tingkat kehilangan air atau TKA, pihak manajemen PDAM memaksimalkan operasi kelelawar.
Dimana tim dari petugas PDAM melakukan penyisiran malam terhadap jaringan pipa PDAM hingga pemantauan mater air pelanggan untuk mencari kebocoran air.
“Tahun 2006 silam, TKA mencapai 42 persen, sedangkan di akhir tahun 2011 lalu TKAnya tinggal 30 persen,” terangnya. Dari kebocoran air sekitar 30 persen itu, jika dikalkulasi dengan rupiah bisa mencapai Rp 50 miliar.
Untuk itu, usaha menekan TKA terus dilakukan dan pada 2012 nanti, diharapkan TKA itu bisa ditekan turun 2 persen.
“Target kita memang tiap tahunnya 2 persen untuk angka menekan TKA. sehingga pada lima tahun nanti, angka TKA yang berhasil kita tekan hingga 10 persen,” urainya. Sedangkan kebocoran air bisa disebabkan karena adanya pipa distribusi yang usang dimakan usia, adanya pencatat meter air yang rusak hingga kesalahan pencatatan pemakanan air.
Dimana untuk faktor teknis penyebab TKA mencapai 60 persen dan 40 persen sisanya akibat factor non fisik. Hingga akhir 2011 silam, PDAM Delta Tirta Sidoarjo berhasil menyetor PAD ke kas daerah sebesar Rp 3 miliar.
Dari jumlah itu diketahui keuntungan atau laba bersih mencapai Rp 11 miliar. Dimana laba itu selain disetor ke kas daerah juga digunakan untuk investasi penambahan jaringan dan sambungan. Sementara itu, H Sungkono anggota Komisi B DPRD Sidoarjo berharap agar TKA pada tahun mendatang bisa terus ditekan.
Dengan begitu laba dari  PADM bisa ditingkatkan termasuk peningkatan ke PAD.

0 comments:

Posting Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Powered By Blogger
Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.