Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Minggu, 06 Mei 2012

6 Mei 2012, Supermoon, Perigee Dan Hujan Meteor Akan Hiasi Langit

Supermoon kembali hadir pada Minggu (6/5/2012) setelah tahun lalu berlangsung pada 19 Maret 2011. Supermoon yang muncul saat Purnama terjadi bersamaan dengan perigee, kala Bulan berada di titik terdekat dari Bumi.

Tahun ini, selisih antara purnama dan waktu perigee cukup dekat. Purnama terjadi pada pukul 10.35 WIB Minggu hari ini, sementara perigee pada pukul 10.34 WIB. Keduanya hanya berselisih satu menit.

Kepala Observatorium Bosscha Hakim L Malasan, saat dihubungi Kompas.com hari Minggu, mengatakan, "Selisih satu menit ini termasuk rekor."

Hakim mengungkapkan bahwa kejadian serupa baru akan terjadi 18 tahun lagi, menyesuaikan dengan periode perigee Bulan (27,3 hari) dan pergerakan Bulan (29,5 hari).

Mutoha Arkanuddin dari Jogja Astro Club mengungkapkan bahwa Supermoon kali ini termasuk yang terbaik bagi Indonesia. Warga Indonesia tak perlu menunggu terlalu lama untuk melihat Supermoon setelah waktu purnama dan perigee.

Jadi, jangan sampai melewatkan Supermoon tahun ini. Bagi warga Jakarta yang ingin lebih afdal mengamatinya, Planetarium Jakarta membuka kesempatan untuk mengamati Supermoon dengan teleskop. 

 fenomena Supermoon akan terjadi lagi. Fenomena dimana bulan akan terlihat 14% lebih besar dan 30% lebih terang ini akan terlihat penuh mulai pukul 23.35 EDT (Eastern Daylight Time) atau Minggu, 6 Mei 2012 pukul 10.35 WIB.
Karena Supermoon terjadi pada pagi hari, maka fenomena Supermoon ini baru dapat dilihat secara jelas pada Minggu (06/05/12) menjelang malam hari sesaat setelah matahari tenggelam hingga sebelum matahari terbit esok harinya.

Pada fenomena supermoon kali ini, bulan akan berada pada posisi 221.802 mil atau 356.955 kilometer dari bumi. Dengan kata lain, dengan lintasan posisi ini, bulan berada dalam posisi paling dekat dengan bumi dibandingkan dengan fenomena Supermoon di tahun-tahun sebelumnya.

Selain supermoon, langit juga akan dihiasi oleh hujan meteor Eta Aquarids yang akan terjadi pada 6 Mei 2012. Saat terjadi hujan meteor, setiap satu menit akan ada satu meteor yang melintas di langit. Hujan meteor ini bisa dilihat dari sore hari menjelang bulan terbit di timur hingga menjelang subuh di arah tenggara. Bertepatan dengan Supermoon terjadi.

Hujan meteor Eta Aquarids muncul dari bintang Eta Aquarids di rasi Aquarius. Fenomena ini terjadi setiap tahunnya dari tanggal 19 April – 8 Mei dan puncaknya pada 6 Mei – 8 Mei dinihari.

Selain itu, Supermoon tahun ini juga menjadi momen yang istimewa bagi umat Buddha yang merayakan Vesak Day (Hari Raya Waisak). Berdasarkan kalender versi Thailand dimana tahun ini merupakan perayaan Waisak tahun ke-2555 Era Buddhis yang juga sekaligus memperingati 2600 tahun Buddha Jayanti (Pencapaian Pencerahan Sempurna Sang Buddha).

Walaupun Supermoon kerap kali dikaitkan dengan akan adanya bencana, secara ilmiah hal tersebut belum dapat dibuktikan. Semoga saja tidak terjadi bencana yang tidak diinginkan. Dan semoga esok malam langit akan cerah dan tidak hujan agar kita dapat melihat keindahan fenomena alam ini.

0 comments:

Posting Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Powered By Blogger
Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.