Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Jumat, 01 Juni 2012

Sidoarjo Peringkat Satu hasil Ujian Nasional (UN) SMA 2012 tingkat provinsi

Sidoarjo kembali mendulang prestasi dalam dunia pendidikan setelah satu minggu lalu meraih peringkat pertama  hasil Ujian Nasional (UN) SMA 2012 tingkat provinsi, hasil UN SMP juga disabet kota petis ini.
Agus Budi Cahyono
  Kemarin (31/5), setelah menerima hasil UN dari Dindik Jatim, Sidoarjo berhasil meraih juara pertama tingkat Jatim melalui hasil nilai rata UN SMP sebesar 8.79, yang dihitung dari akumulasi nilai rata-rata seluruh peserta UN SMP di Sidoarjo. Rincian nilai rata-rata per mata pelajaran ialah Bahasa Indonesia 8.85, Bahasa Inggris 8.47, Matamatika 8.92, dan IPA 8.93.
Mendengar kabar tersebut, Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Sidoarjo  Agus Budi Cahyono mengaku sangat bangga dengan kerja keras para guru serta kepala sekolah yang sangat baik. Prestasi yang  diraih Sidoarjo tersebut, menurutnya adalah hasil sinergisitas yang terbangun dengan baik antara pemerintah, kepala sekolah, guru, dan para wali murid.
Pihaknya juga menyatakan bahwa tingginya nilai rata-rata yang diraih Sidoarjo tersebut, juga menerangkan bahwa kesenjangan yang ada antara satu sekolah dengan sekolah lainnya sangat tipis sekali.
“Dari sini kita dapat mengukur seberapa jauh tingkat pemerataan kualitas pendidikan baik di sekolah swasta maupun negeri. Dengan pemerataan kualitas pendidikan di sekolah swasta maupun negeri, tidak ada lagi di Sidoarjo ini sekolah yang sangat prestise dan ada sekolah yang sangat terpuruk,” tutur Agus.
Dengan diraihnya kembali juara pertama hasil UN tingkat provinsi, Sidoarjo kembali mengungguli Surabaya yang merupakan Kota Pendidikan dengan anggaran sangat besar. Berbeda dengan Sidoarjo yang anggaran untuk pendidikannya hanya sebesar Rp179 miliar, Surabaya memiliki anggaran penddikan sebesar Rp1,6 triliun atau 32% dari APBD Surabaya.
Secara terpisah Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Jatim Harun mengaku bahwa hasil UN yang diraih Jatim secara keseluruhan mengalami peningkatan dari tahun lalu. Meski enggan memberi tahu berada di peringkat berapa posisi Jatim dalam hasil UN SMP tersebut, Harun mengaku melalui hasil UN SMP tersebut menunjukan bahwa pendidikan di Jatim terus mengalami peningkatan dan pemerataan baik SD, SMP, maupun SMA.
“Kalau hanya satu dua kota saja yang baik, dan daerah lainnya buruk dalam perolehan nilai UN, maka Jatim tidak akan pernah mendapat peringkat apapun. Untuk itulah khususnya di daerah yang Indeks Pembangunan Manusia (IPM) rendah harus lebih mendapat perhatian yang jauh lebih besar,” ungkap Harun.
Hasil UN SMP tersebut sejak kemarin sore telah berada di Dindik kab/kota di seluruh wilayah Jatim. Selanjutnya hari ini pihak Dindik di kab/ kota akan melakukan verifikasi data sekaligus membagikan hasil UN tersebut kepada kepala sekolah. Besok (2/6), hasil UN tersebut akan diumumkan kepada para siswa oleh masing-masing sekolah.
“Saya tidak mau melangkahi kewenangan Pak Menteri, kalau pak menteri sudah mengumumkan baru saya berani mengumumkan ranking kelulusan SMP baik tingkat nasional maupun provinsi. Yang jelas, hasil UN yang diraih dari pada tahun lalu, lebih baik tahun ini,” tutur Harun.

0 comments:

Posting Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Powered By Blogger
Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.