Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Rabu, 08 Agustus 2012

Innigo Umar Siswanto, SD Muhammadiyah 3 Sidoarjo Sukses Raih Perak di International Mathematics Contest (IMC) 2012

BINAR-BINAR bahagia masih tampak di rona wajah Innigo Umar Siswanto.

PRESTASI: Innigo Umar Siswanto menunjukkan medali perak yang diraihnya didampingi Kepala SD Muhammadiyah 3 “Ikrom” Wage, Dian Tri Anista.


Setiba di Bandara Internasional Juanda, kemarin (7/8) pagi, sejumlah siswa yang merupakan teman sekelasnya di SD Muhammadiyah 3 “Ikrom” Wage, Taman, menyambutnya dengan penuh semangat sambil meneriakkan yel-yel. Maklum, prestasi yang diukir oleh Innigo tergolong luar biasa bagi sekolah ini.
Ia berhasil mengungguli puluhan siswa berprestasi dari beberapa negara Asia seperti Korea Selatan, China, Hongkong, Taiwan, hingga India, dalam kompetisi International Mathematics Contest (IMC) 2012.
Kompetisi ini digelar  di Singapura, 3-6 Agustus 2012 lalu. Meski kontes matematika yang diikutinya itu bagi sebagian besarsiswa cukup sulit, namun Innigo mengaku dirinya cukup enjoy.
Malah, ia mengaku agak nervous saat menunggu detik-detik pengumuman pemenang dari dewan juri.
“Kalau saat mengerjakan soal, saya lebih rileks. Saya justru ndredhek (gentar, red) saat juri akan mengumumkan pemenang lomba,” ucapnya.
Saat berada di Singapura menunggu perlombaan, Innigo mengaku lebih tenang.
Bahkan, ia sempat jalan-jalan ke beberapa kawasan wisata di Negeri Singa itu. Sebab beberapa hari jelang lomba, dia sudah tidak memfokuskan untuk belajar matematika.
Karena, materi yang telah dipelajarinya jauhjauh hari itu sudah hapal di otaknya. Anak pasangan Heri Siswanto dan Retno Linangkung ini mengaku dapatmenyelesaikan 18 soal yang diberikan.
Baik itu soal pilihan, isian singkat, hingga uraian. Namun saat mengerjakan soal yang berbau logika, dia mengaku sedikit kesulitan.
Seperti halnya materi persentase yang hingga saat ini masih menjadi ‘handicap’ baginya. Satu jam menyelesaikan soal, dia sangat yakin dengan hasil yang didapat.
Dan, keyakinan itu terwujud dalam pengumuman yang disampaikan oleh dewan juri.
Innigo berhasil meraih medali perak yang membuat dia dan tim sekolahnya riang bukan main. “Saya sangat senang.
Rasa ndredhek langsung hilang saat medali perak sudah di tangan,” ungkap siswa yang juga hobi main piano ini.
Sebagai salah satu siswa yang cukup pandai di sekolahnya, Innigo menganggap mata pelajaran matematika sebagai ‘teman.’ Selain ikut dalam klub matematika di sekolahnya, dia juga sering menambah porsi latihan menghitung.
Mulai mempelajari materi tentang luasan, perbandingan, persamaan, hingga menghitung volume.
Tidak hanya di Singapura dia berprestasi di ilmu  menghitung. Sebelumnya saat di Olimpiade Sains Matematika tingkat Gerbang Kartasusila, dia berhasil menyabet juara satu.
Kepala SD Muhammadiyah 3 “Ikrom” Wage, Dian Tri Anista mengatakan, pihak sekolah sangat mendukung upaya siswanya untuk mengikuti berbagai lomba.
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.