Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Selasa, 14 Agustus 2012

Obsesi Pemkab Sidoarjo Membangun Kembali Kota Lama Kabupaten Sidokare (1)

Mulai 2013 Pemkab Sidoarjo merevitalisasi kawasan kota lama yang merupakan jejak sejarah ratusan tahun silam.
REVITALISASI LINGKUNGAN SUNGAI: Gambar rencana konsep Waterfront City di sekitar Sungai Sidokare yang juga melewati wilayah Jetis
Yaitu keberadaan Kabupaten Sidokare sebagai cikal bakal Kabupaten Sidoarjo.
REVITALISASI Kota Lama Sidoarjo tak hanya dilakukan dalam satu sektor. Selain melakukan revitalisasi kawasan Masjid Al Abror dan bangunan tua di sekitarnya, Pemkab Sidoarjo akan membangun kawasan wisata air dengan konsep waterfront city.
Lokasinya adalah sepanjang Sungai Sidokare yang melewati kawasan Jetis. Kepala Bidang Permukiman dan Prasarana Wilayah(Kabidkimpraswil) Bappeda Sidoarjo Eny Rustianingsih menjelaskan, konsep waterfront city itu diprediksi menghubungkan sungai-sungai di Sidoarjo.
Ada Sungai Sidokare, Pucang, Jabon, dan Sedati. Masing-masing kawasan di sungai tersebut juga tengah dikembangkan menjadi kawasan perkotaan dengan latar belakang sungai.
Eny menambahkan, warisan Kota Lama Kabupaten Sidokare merupakan kawasan perniagaan. Mulai muara sungai di timur kota sampai masuk barat hingga menuju pusat kota yang dulunya terkenal sebagai kawasan perdagangan dan pemerintahan kota.
Kawasan itu menjadi jujukan perniagaan lewat jalur laut. ”Kami ingin mewujudkan kembali konsep itu,” ucapnya. Nanti kawasan sungai tersebut ditonjolkan.
Salah satu langkahnya adalah membersihkan sepanjang sungai. Nanti bangunan rumah-rumah di sepanjang sungai akan dibersihkan. Pemkab akan membangun jogging track di sana.
Masyarakat Sidoarjo bisa berolahraga di sepanjang sungai. Bukan hanya itu, tempat tersebut juga akan menjadi solusi bagi para PKL yang selama ini berkeliaran di sepanjang jalan-jalan protokol. Semua PKL akan ditem patkan di kawasan waterfront city itu.
Jembatan juga akan dibangun untuk menghubungkan kawasan satu dengan kawasan lain.
Pastinya, penataan waterfront city akan menjadi salah satu jujukan wisata.
Dengan adanya kawasan tersebut, pengunjung dapat terhubung ke beberapa kawasan seperti Sedati hingga Jabon. Menurut Eny, rencana revitalisasi itu bukan sekadar revitalisasi satu sektor.
Ini konsep perencanaan Kota Lama Sidoarjo yang saling terintegrasi antara satu kawasan dan kawasan lain.
Konsep kawasan kota lama tersebut juga dirancang seiring dengan rencana pembuatan kota baru di Sidoarjo bagian barat.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.