Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Sabtu, 13 Oktober 2012

10 Pekerjaan yang Tidak Cocok Untuk Orang yang Mudah Stres

Stres adalah bagian hidup manusia yang dihadapi hampir setiap hari. Ada orang-orang tertentu yang tahan terhadap stres tapi ada juga yang gampang stres. Bagi yang tak tahan stres sebaiknya hindari kerjaan dibidang ini karena tingkatnya paling tinggi.
Stres dapat dipicu oleh pekerjaan yang berat serta tekanan dari beberapa pihak dalam bekerja.
Adapun 10 jenis pekerjaan yang paling rentan stres dan tidak cocok untuk orang yang gampang stres seperti dikutip dari Health:
1. Perawat atau Pengasuh Anak
Dari semua orang yang mengalami stres karena pekerjaan, 11 % diantaranya adalah orang yang bekerja sebagai perawat atau pengasuh anak.
“Perawat membantu pasien untuk makan dan membersihkan diri, tetapi kadang pasien tidak menghargainya bahkan tidak memberikan ucapan terima kasih. Hal ini dikarenakan pasien dalam kondisi sakit yang parah atau masih terlalu muda. Orang akan mengalami stres ketika setiap hari berhadapan dengan orang-orang sakit dan kurang mendapat dukungan positif,” kata Christopher Willard, seorang psikolog di Tufts University.
2. Pelayan Restoran
Hal yang dapat memicu stres pada pekerjaan ini adalah seorang pelayan restoran harus melakukan pekerjaan yang melelahkan sepanjang hari yang disertai dengan banyaknya permintaan yang bermacam-macam dari pelanggan.
3. Pekerja Sosial
Bukan hal yang mengejutkan lagi jika pekerja sosial masuk dalam daftar teratas pekerjaan yang rentan stres. Lama-kelamaan seseorang akan mengalami stres ketika harus menyelesaikan kasus-kasus seperti kekerasan terhadap anak-anak atau keluarga yang bermasalah setiap harinya.
“Ada istilah yang mengatakan bahwa untuk melakukan pekerjaan yang baik, kamu harus bekerja sangat keras dan sering berkorban. Karena pekerja sosial bekerja dengan orang yang sangat membutuhkan, akan sulit bagi mereka untuk tidak mengorbankan banyak waktu untuk pekerjaan” kata Willard.
4. Pekerja Medis
Pekerjaan ini termasuk dokter, perawat, terapis dan lain sebagainya. Pekerja medis dapat jam kerja yang panjang dan tidak teratur serta memiliki tanggung jawab yang besar terhadap kelangsungan hidup pasien.
“Setiap hari pekerja medis menangani penyakit, trauma, kematian dan berurusan dengan anggota keluarga pasien. Hal ini mengakibatkan seseorang yang bekerja dalam bidang kesehatan berpikir bahwa dunia merupakan tempat sangat menyedihkan,” kata Willard.
5. Artis, Entertainer dan Penulis
Tipe pekerjaan ini memiliki jam kerja yang tidak menentu dan gaji yang tidak pasti.
Orang yang memiliki kreativitas yang tinggi seperti artis, entertainer dan penulis lebih sering mengalami gangguan mood. Gaya hidup juga berpengaruh besar terhadap stres yang dialami oleh para pekerja seni.
6. Pengajar
Tuntutan terhadap guru tampaknya akan terus berkembang. Banyak pekerjaan setelah sekolah yang akan dibawa pulang kerja.
Mengajarkan sesuatu hal yang baru kepada para siswa tentunya tidak mudah karena kemampuan dan daya pikir masing-masing siswa berbeda.
“Ada tekanan dari para siswa, orang tua siswa dan pihak sekolah untuk memenuhi standar pendidikan yang ada,” kata Willard.
7. Staf Administrasi
Orang-orang yang bekerja di bidang ini dapat mengalami stres karena tuntutan yang tinggi.
Staf administrasi dari suatu perusahaan berada di garis depan dan menerima perintah dari segala arah. Tapi juga bekerja di bawah kontrol yang ketat dari atasan.
8. Pekerja Lingkungan
Seseorang akan menyewa jasa dari para pekerja lingkungan ketika mendapati masalah dalam lingkungan tempat tinggalnya, seperti WC yang mampet, kran air yang rusak dan atap rumah yang bocor.
Hal inilah yang membuat pekerja lingkungan memiliki jam kerja yang tidak menentu. Pekerjaan ini juga menghasilkan upah yang sedikit meskipun pekerjaan yang dilakukan kadang sangat sulit dan berbahaya.
9. Akuntan dan Penasihat Keuangan
Akuntan dan penasihat keuangan dapat mengalami stres ketika harus menangani masalah keuangan orang lain.
Para -pekerja di bidang ini bertanggung jawab atas keuangan orang lain dan akan diselimuti rasa bersalah ketika ada salah seorang klien yang kehilangan uang.
10. Sales
Banyak orang yang bekerja pada bagian penjualan cenderung mengalami stres karena target penjualan yang harus dipenuhi.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.