Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Senin, 15 Oktober 2012

Kiat Kantor Perpustakaan Sidoarjo Genjot Minat Baca Anak-Anak Giatkan Mobil Perpus Keliling, Sambangi TK dan SD

Berbagai cara dilakukan oleh Perpustakaan Sidoarjo untuk menggairahkan minat baca masyarakat. Khususnya untuk anak-anak usia sekolah. Selain membuka Taman Baca di kantor, pihak perpustakaan juga terus memobilisasi mobil perpustakaan keliling hingga membuka stan lesehan di tempat-tempat keramaian mulai pukul 05.30 pagi.
HAUS ILMU: Salah satu kakek tidak mau ketinggalan ikut membaca saat mobil perpustakaan
keliling menyambangi Desa Tebel, Gedangan
pengetahuan yang difasilitasi oleh Kantor Perpustakaan Sidoarjo. Melalui mobil perpustakaan keliling, berbagai macam buku bacaan disediakan untuk memanjakan para pejalan kaki.
Semuanya disediakan gratis asal dibaca di tempat itu juga. Upaya ‘jemput bola’ yang dilakukan Perpustakaan Sidoarjo ini dengan turun ke tempat-tempat keramaian di setiap hari libur maupun Minggu pagi.
“Kami telah melakukan kegiatan perpustakaan keliling ini sejak tahun 2008. Sebelumnya dilakukan di sekolah-sekolah, terus berkembang ke tempat-tempat keramaian.
Perkembangan terakhir malah sudah mulai masuk ke pondok-pondok pesantren,” jelas Kasi Pelayanan Perpustakaan Sidoarjo, M Hanan.
Dikatakan, kegiatan perpustakaan turun ke jalan ini harus dilakukan mengingat pihaknya memunyai kewajiban melakukan pelayanan untuk 3.013 lembaga pendidikan di wilayah Sidoarjo mulai tingkat TK/ RA dan SD/MI.
“Sementara untuk tingkat SMP, SMA, SMK dan MA, belum bisa dilayani karena kami hanya sebatas memenuhi permintaan saja. Ini karena terbatasnya tenaga dan anggaran untuk kegiatan perpustakaan keliling tersebut,” jelas Hanan.
Diungkapkan, dalam satu kali drop mobil keliling, disediakan sekitar 3.000-5.000 eksemplar buku bacaan. Selain itu, juga disiapkan pemutaran film-film animasi ilmu pengetahuan di antarannya tentang pendidikan yang isinya memotivasi minat baca.
Dalam satu kali pelaksanaan perpustakaan keliling, dilayani sekitar 3 jam.
Pengunjung bebas membaca buku apa saja yang telah disediakan.“Alhamdulillah, antusias anak-anak sangat bagus.
Mereka rela panas-panasan untuk membaca buku. Karena pukul 09.00, terik matahari sudah mulai menyengat,” paparnya.
Dikatakan, dalam sekali lesehan itu, sekitar 50-100 anak-anak bisa datang berkunjung dan membaca buku.
“Bahkan, pernah sampai 150 anak yang datang,” ucapnya bangga. Adapun jumlah TK/RA yang sudah terlayani sekitar 10 persen dari jumlah lembaga yang ada yakni sebanyak 866 lembaga. Sedang untuk SD/MI sudah mencapai hampir 80 persen dari 753 lembaga.
Dari target 250 lembaga pendidikan yang akan dikunjungi perpustakaan keliling, Hanan mengatakan hingga akhir Juli 2012 lalu sudah terlaksana sebanyak 171 lokasi. “Semoga saja bisa tercapai, mengingat kami kemarin ada kendala tentang perubahan penggunaan BBM.
Perubahan itu sungguh sangat mengganggu akomodasi kami. Bagaimanapun juga, kami harus menyesuaikan dengan anggaran yang sudah ada,” pungkas Hanan.
Sementara itu, Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabu-paten Sidoarjo, Sutjipto mengatakan, untuk memenuhi target pelayanan itu, pihaknya melakukan secara bertahap  “Untuk tahun ini yang sudah terlayani, tidak mungkin dilayani lagi.
Harus lembaga lainnya yang belum pernah terlayani. Jangan sampai tumpang tindih,” katanya. Tahun 2013 nanti, pihaknya akan mengutamakan pelayanan di daerah-daerah terpencil.
Seperti di wilayah Jabon dan Tarik. “Di Kecamatan Sidoarjo juga ada sekolah satu atap yang tempatnya terpencil, yakni di Kepetingan.
Kami belum pernah melakukan pelayanan ke sana,” katanya.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.