Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Rabu, 07 November 2012

Bila Konsumsi Mineral Berlebihan

Selama kita mendapatkan mineral dari sumber alami, jarang terjadi kelebihan dosis. Namun jika mineral berasal dari suplementasi, apalagi dikonsumsi dalam jangka panjang, bisa lebih besar risiko terjadinya overdosis. Apa yang akan terjadi jika tubuh kelebihan berbagai mineral?

Besi
Konsumsi lebih dari 25 mg per hari bisa menyebabkan sembeli, sakit kepala, letih, kekurangan zinc dan tembaga, kerusakan pankreas, hati, dan otot jantung, mual, risiko infeski meningkat, berat badan melorot, dan menyebabkan keracunan fatal pada anak-anak.

Fosfor
Konsumsi 3.000 miligram atau lebih perhari akan membuat tubuh tidak optimal menyerap kalsium.

Yodium
Konsumsi lebih dari 2mg yodium perhari bisa merusak fungsi kelenjar tiroid, membuat kulit kering, rambut kering, berat badan naik, muntah, muncul ruam di kulit, mulut sakit, sakit kepala, susah bernapas, menstruasi berlebihan, sembelit atau diare, kelenjar saliva bengkak, dan mulut terasa tidak enak.

Kalsium
Dosis lebih dari 2.000 mg perhari bisa menimbulkan batu pada salurah kemih, sembelit, nyeri perut, masalah mental, gangguan penyerapan zinc, zat besi dan magnesium, merusak fungsi ginjal, letih, dan tumpukan kalsium di dalam jaringan tubuh.

Magnesium
Asupan 350mg per hari atau lebih akan membahayakan kesehatan, bahkan bisa fatal.

Potasium
Overdosis jarang terjadi. Namun, jika kondisi ginjal sudah tidak bagus, bisa saja terjadi kelebihan potasium, yang menyebabkan otot lemah, kesemutan di kaki dan tangan.

Sodium
Konsumsi lebih dari 2.300 mg perhari bisa berakibat kram otot, mata berkunang-kunang, merasa sangat haus, kembung, tekanan darah tinggi, osteoporosis, gangguan elektrolit tubuh yang bisa menyebabkan gangguan persarafan.

Zinc
Asupan zinc lebih dari 75mg perhari dapat melemahkan fungsi kekebalan tubuh, mual, muntah, kadar kolesterol naik-turun, anemia, nyeri perut, perdarahan perut, respon imun terganggu, kelahiran prematur, bahkan bayi meninggal saat lahir.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.