Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Jumat, 09 November 2012

Bisnis Plan adalah Modal Penting Awal Usaha Anda

Bisnis plan tidak dapat dikesampingkan lagi dalam proses mewujudkan usaha anda. Dengan bisnis plan yang tertata dan ditulis dengan baik, maka bisnis plan dapat menjadi modal utama usaha anda.
Bisnis plan kadang dianggap hanya diperlukan untuk perusahaan-perusahaan besar dengan modal yang besar. Terkadang juga orang menganggap bahwa bisnis plan itu tidak penting atau hanya sebagai sarana keren-kerenan bahwa usaha anda adalah usaha yang “wah”.  Mungkin juga proses “jalani saja dulu” menjadi pilihan karena anda terlalu malas untuk membuat sebuah bisnis plan.
Kita harus menyadari bahwa bisnis plan adalah komponen awal yang perlu kita miliki sebelum melangkah menjalankan usaha anda. Banyak manfaat yang dapat kita peroleh, jika kita memiliki bisnis plan yang tertata dan ditulis secara baik, antara lain :
1. Bisnis plan adalah dokumentasi bagaimana anda ingin menjalankan usaha anda. Di dalam bisnis plan yang baik, pasti dicantumkan latar belakang ide dan peluang mengapa usaha yang diinginkan terbentuk. Selain itu juga, di dalam bisnis plan juga terdapat visi dan misi yang ingin anda bawa dalam setiap langkah usaha anda sehingga dapat menjadi faktor pembeda anda dalam persaingan dunia usaha.
2. Strategy dan Planning. Dengan bisnis plan yang terstruktur dengan baik dan dengan didukung data-data riset yang anda kumpulkan, anda semakin mengenali bidang yang sedianya akan anda geluti. Anda memiliki strategi- strategi dan planning yang dibuat untuk merespon tentang apa yang terkandung di dalam data yang telah anda kumpulkan.
3. Dengan Bisnis Plan anda dapat Memperoleh Modal Investor atau lembaga keuanganmana yang akan memberikan uangnya tanpa tahu akan anda gunakan untuk apa saja modal yang akan mereka berikan? Semua itu akan berbanding terbalik jika anda memiliki bisnisplan yang baik.  Dari bisnis plan yang baik, para pemilik modal akan memperoleh informasi-informasi penting tentang usaha anda, seperti bagaimana bisnis prosesnya, bagaimana cost structure produk anda terbentuk, bagaimana peluang usaha tersebut, dan bagaimana perusahaan itu mendapatkan profit serta revenue dari usahanya.  Dengan demikian pemilik modal merasa yakin terhadap anda, sehingga kucuran modal bukanlah hanya angan-angan.
4. Bisnis Plan juga dapat melakukan pembenahan secara struktur dan berkelanjutan. Tidak selamanya data yang kita kumpulkan akurat 100% di lapangan. Bisa jadi kebijakan-kebijakan yang telah anda cantumkan perlu penyesuaian yang diinginkan oleh investor (banyak investor yang ingin terlibat langsung dengan perusahaan dimana dia berinvestasi dan biasanya berpengalaman di bidang tersebut). Dengan komponen-komponen yang anda tulis secara struktural, anda dapat langsung menuju ke bagian-bagian yang perlu disesuaikan dan tidak usah mengira-ngira seperti ketika anda tidak memiliki bisnis plan.
Dari penjabaran diatas, tentunya dapat dilihat banyaknya nilai positif dari menulis sebuah bisnis plan, menulis sebuah bisnis plan memang bukan suatu keharusan. dan bukan juga menjadi sarat mutlak dalam memulai sebuah usaha. Tetapi, tidak ada salahnya bukan untuk sekedar menulis? toh, juga tidak ada ruginya.
Jadi, tunggu apalagi, segera tulis bisnis plan anda dan jadikan bisnis plan tersebut modal utama anda untuk memulai usaha anda.  Tidak ada idiom lama “mencari modal itu susah” karena dengan bisnis plan yang anda tulis secara terstruktur, modal itu akan tersedia untuk anda.
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.