Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Kamis, 08 November 2012

Buruh Surabaya dan Sidoarjo Tuntut UMK Rp 2 Juta

Lebih dari 100 buruh dari kawasan Industri di Surabaya dan Sidoarjo berunjuk rasa di depan Gedung Grahadi, Surabaya, Kamis (8/11/2012). Mereka menuntut Gubernur Jatim mau menetapkan upah minimum Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo minimal Rp 2 juta.
Buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Jatim ini bergerak mendatangi Gedung Grahadi menggunakan sepeda motor. Mereka kemudian membentangkan bendera dan poster sembari berorasi.
Koordinator aksi Jamaluddin mengatakan, upah minimum kabupaten/kota (UMK) seharusnya melampaui nilai kebutuhan hidup layak karena faktanya upah yang diterima buruh jauh dari layak untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.
"Sah-sah saja jika UMK yang ditetapkan melebihi KHL. Ini kan tergantung political will (kemauan politik) kepala daerah," ucap Jamaluddin.
Sebelumnya, Pemerintah Kota Surabaya telah memasukkan usulan UMK 2013 sebesar Rp 1.567.000 melampaui nilai KHL yang sebesar Rp 1.425.000. Pemkab Sidoarjo juga memasukkan usulan UMK sebesar Rp 1.560.000 melebihi nilai KHL yang sebesar Rp 1.428.000.
Namun, menurut Jalal, upah yang diajukan pemerintah kota dan kabupaten belum memenuhi semangat upah layak. Buruh berharap Gubernur Jatim Soekarwo mau menetapkan UMK kedua daerah ini diatas Rp 2 juta.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.