Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Jumat, 09 November 2012

Diabetes Juga Terjadi Pada Anak

Selama ini banyak orang masih mempercayai diabetes sebagai penyakit yang identik dengan orang dewasa. Padahal, belakangan ini jumlah pasien diabetes anak terus meningkat. Apa yang harus dilakukan orangtua?

International Diabetes Federation memperkirakan 366 juta orang di dunia menyandang diabetes di tahun 2011. Dari jumlah tersebut setiap tahunnya ditemukan kasus baru diabetes tipe 1 pada anak sebanyak 78.000.

Di Indonesia, menurut dr.Aman Pulungan, Sp.A (K), ketua gugus tugas endokrinologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), penyakit diabetes pada anak mencapai 0,3 per 100.000 anak per tahun. Artinya, dari populasi anak Indonesia saat ini yang mencapai 80 juta, ada sekitar 240 kasus diabetes baru pada anak ditemukan setiap tahun.

"Tiga tahun lalu hanya ditemukan 156 kasus diabetes pada anak, tetapi menurut data bulan Oktober tahun 2012 kini ada 816 kasus. Dalam tiga tahun peningkatannya mencapai 500 persen," katanya dalam acara media edukasi mengenai diabetes pada anak yang diadakan oleh PT.Roche Indonesia di Jakarta, Rabu (7/11/12).

Aman menyebut fenomena peningkatan jumlah pasien diabetes anak itu sebagai bom waktu bagi masalah kesehatan di Indonesia. "Data tersebut hanya didapat dari dokter endokrinologi anak di Indonesia, padahal sebenarnya masih banyak yang belum terdiagnosa," katanya.

Tipe diabetes

Berdasarkan sebab yang mendasari timbulnya, diabetes dibagi menjadi beberapa golongan atau tipe, yakni diabetes tipe 1 yang disebabkan oleh kerusakan pankreas sehingga tidak bisa menghasilkan insulin sama sekali, diabetes tipe 2 yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, diabetes pada kehamilan, serta diabetes tipe lain yang disebabkan karena kelainan tertentu, misalnya akibat penyakit hipertiroid.

Di antara tipe-tipe diabetes, yang termasuk tipe utama adalah diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 biasanya mengenai anak-anak dan remaja. Menurut Aman, penyakit ini timbul karena imunitas tubuh menghancurkan sendiri insulin yang diproduksi sel beta dari pankreas. Pemicunya bisa karena faktor genetik atau serangan virus.

Pada tipe tersebut, pankreas tidak dapat menghasilkan insulin sehingga untuk bertahan hidup pasien harus diberikan insulin dari luar dengan cara disuntikkan.

Biasanya pada diabetes tipe 1 gejala dan tandanya muncul mendadak. Yang jadi masalah adalah cukup banyak anak yang tidak memiliki riwayat diabetes tetapi terdiagnosa.

Karena itu orangtua sebaiknya memperhatikan pola makan dan aktivitas fisik anak. Perhatikan pula perkembangan berat badan anak. Jika terindikasi diabetes, seperti cepat lapar dan haus, sering buang air kecil, berat badan tidak pernah naik atau turun drastis, segera periksakan kadar gula darahnya.

Penanganan tepat
Bagi penderita diabetes tipe 1, hidup tak bisa lepas dari insulin. Setiap empat kali dalam sehari mereka harus menyuntik insulin. Selain itu, juga harus selalu memperhatikan pola makan serta harus selalu mengontrol level kadar gula darahnya.

Menurut Aman, ada empat pilar penanganan diabetes pada anak, yakni suntik insulin, menjaga pola makan, olahraga teratur, serta edukasi agar anak memahami kondisinya.

Tujuan utama pengobatan diabetes pada anak adalah menjaga tumbuh kembang anak tetap normal dan mengontrol kenaikan gula darahnya. Studi tentang terapi diabetes membuktikan kontrol gula darah dapat mengurangi faktor risiko komplikasi dan melindungi tumbuh kembang anak tetap optimal.

"Pemeriksaan gula darah menjadi bagian yang tak terpisahkan karena untuk menentukan dosis insulin yang diperlukan harus diperiksa dulu kadar gula darahnya," kata dokter yang menjadi project leader dari World Diabetes Foundation untuk fokus penanganan diabetes anak di Indonesia ini.

Gula darah yang terlalu tinggi (hiperglikemi) maupun terlalu rendah (hipoglikemi) sama-sama berbahaya bagi pasien diabetes tipe 1. Hipoglikemi bisa menyebabkan koma diabetikum yang mengancam jiwa. Hiperglikemi akut juga bisa menyebabkan keracunan keton yang bisa memicu komplikasi.

Orangtua dan tim medis harus bekerja sama untuk memonitor dan membantu anak menjalani kehidupan kesehariannya. Orangtua dan keluarga harus mengetahui apa itu diabetes, pengobatan, penanangan gizi, serta pencegahan terjadinya komplikasi. Setiap pihak juga seharusnya mengetahui penanganan pertama jika terjadi keadaan darurat pada anak.

Dengan penanganan yang tepat anak penderita diabetes dapat hidup sehat dan tumbuh optimal. Aktris Halle Berry, penyanyi Nick Jonas, sampai atlet renang olimpiade Gary Hall Jr, adalah contoh kasus yang bisa membuktikan bahwa penyandang diabetes tipe 1 bisa hidup sehat dan sukses.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.