Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Minggu, 04 November 2012

Tips Memilih Laptop atau PC Desktop

Mungkin tidak sedikit dari kita yang bingung ketika dihadapkan pada pilihan untuk membeli PC Laptop atau PC Desktop (selanjutnya saya sebut laptop dan desktop).
Dan ketika saya tanyakan ke beberapa orang tentang hal tersebut, saya mendapat jawaban yang agak susah dinalar, seperti:
  • Kalo gak punya uang beli desktop aja. Jawaban ini paling gak nyambung, coz kalo gak punya uang mau beli pake apa?
  • Hari gini pake desktop? Gak gaul lho!!!!. Jawaban ini yg bikin saya bingung, emang kalo pake desktop gak gaul ya? berarti satu kantor saya g gaul semua dong???
Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan ibarat kata tak ada gading yang bisa didempul, ketika kita tanya yang pro pada laptop maka akan banyak sekali dijumpai kekurangan pada desktop, begitu juga sebaliknya makanya saya pilih golput. Bila kita tanyakan pada penjual maka jawabnya yang lebih bagus yang dia jual (maaf buat penjual, ini berdasar pengalaman aja)
Bagaimana kita menyikapinya?
Sebelum membeli kita lihat dulu aja prinsip dasar sebelum kita membeli (ini versi subyektif saya)
  • Belilah barang sesuai dengan kebutuhan!!!!! Wajib hukumnya, apalagi untuk kaum elit (ekonomi sulit) seperti saya.
  • Pegang teguh prinsip ekonomi yaitu dengan pengorbanan sekecil mungkin untuk memperoleh manfaat sebesarnya-besarnya, prinsip ini yg diajarkan waktu SMP dulu, gak tahu sekarang dah berubah ato belum. Yang jelas kalo kita masih bisa yang gratisan kenapa harus beli.
  • Harga tak pernah bohong (biasanya yang bohong orangnya) dalam artian harga berbanding lurus dengan kualitas, tapi kualitas bukan segalanya.
Nah, sekarang tinggal menyesuaikan kebutuhan kita dengan kedua PC diatas, tentu kebutuhan anda berbeda dengan saya, maka saya tidak bisa memutuskan pilih mana kecuali anda curhat dengan saya dulu,….(rahasia dijamin aman)
Misal; istri saya hobi internetan, nulis surat undangan untuk arisan dan maen game kecil kecilan dirumah, maka saya akan membelikan dektop bukan laptop dengan pertimbangan:
  1. Harga lebih murah, desktop  dibandingkan laptop dengan spesifikasi yang sama harganya jauh lebih murah

  2. Lebih awet, salah satu penyebab utama kerusakan hardware PC adalah karena benturan. Laptop disebut juga komputer jinjing yang berarti bisa selalu kita bawa kemanapun kita pergi yang otomatis resiko benturan lebih tinggi, coba bandingkan berapa kali anda angkat desktop dalam sebulan?
Mungkin ada usul pilih laptop karena lebih praktis, tapi sayang kepraktisan itu bagi saya tidak sebanding dengan keunggulan tersebut diatas, atau alasan laptop laptop mobile jadi bisa  maen ditaman pake laptop sambil browsing, kalo saya istri saya ketaman pake laptop trus browsing atau bikin undangan arisan bakalan bisa-bisa anak saya dah lari ke taman beraspal.
Apakah berarti desktop lebih unggul dari Laptop? enggak juga, banyak laptop yang spesifikasinya lebih dari desktop sekali lagi sesuaikan dengan kebutuhan.
Contoh lain; Adik saya membutuhkan PC untuk mengerjakan kuliah dan mobilitas dia antara kampus, kos dan rumah, maka saya akan belikan dia laptop daripada desktop karena lebih mudah dibawa kemana kemana, kebayang khan gimana ribetnya kalau dalam satu hari dia pindah pindah ketiga lokasi dengan menenteng desktop. Dalam hal ini mobilitas laptop lebih penting daripada harga murah yang ditawarkan desktop.
Berdasarkan diatas maka dapat disimpulkan bahwa laptop maupun desktop punya kelebihan masing-masing, dan pilihan tergantung anda.
Kelebihan Laptop
  • Gaul bin keren ato bahasa gaulnya stylish, gak ada lagi bete nungguin pacar datang, sambil menunggu kita bisa browsing, main soliter atau lihatin aja screensaver aquarium, toh orang lain gak memperhatikan apa yang kita baca, yang mereka lihat cuma kita sedang buka laptop apalagi laptop sony vaio.

  • Praktis, semua komponen sudah didesain menjadi satu. Saya berharap mungkin sekalian laptop dibuildin dengan printernya biar lebih praktis seperti foto langsung jadi.

  • Hemat daya, laptop rata-rata menggunakan energi kurang dari 100watt sedangkan desktop minimal 100watt. Jadi kalo semua desktop diganti dengan laptop mungkin kita gak jadi bikin PLTN yang penuh dengan kontroversi itu.

  • Ada baterainya, kalau baterainya mati cukup bawa kabel roll minimal 7 meter, kalo terasa berat masukkan aja UPS ke dalam Tas (ngacodotcom)
Kelebihan Desktop
  • Murah, jika dibandingkan laptop. Dengan spek dan merk yang sama, harga desktop bisa setengah dari harga laptop. Mungkin ada yang bilang dengan 2,5 juta bisa dapat laptop sedangkan PC minimal 3 juta, nah kalo kasus kayak begini coba lihat spek serta merknya.

  • Lebih powerfull. Asal punya dana kita bisa upgrade desktop kita sesuka hati bisa tambah hdd, memory, vga dsb, dan tentunya kalau anda mengangkat desktop lebih banyak powernya.

  • Bisa dicicil alias dijual terpisah. Pernahkan anda menemui laptop dijual terpisah, seperti anda beli dulu keyboard  atau processornya dulu? kalo desktop pasti bisa.
sekali lagi pilihan ditangan anda, dan saran saya (ini yang serius)
“Sesuaikan dengan kebutuhan dan isi kantong anda”
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.