Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Jumat, 09 November 2012

Tips Memotret Sunset dan Sunrise

Bagi seorang pecinta fotografi, mengabadikan sunset atau sunrise merupakan hal yang wajib dilakukan. Hal ini karena memang keindahan yang nampak saat matahri terbit maupun tenggelam memang benar-benar memukau. Kilauan cahaya kuning ke merah-merahan ditambah dengan paduan siluet menjadi daya tarik yang unik untuk dipotret.
Berikut saya berikan beberapa tips dalam memotret sunset atau sunrise :
1. Kenali lokasi pemotretan
Sebelum jepret, baiknya kita mencari informasi  terlebih dahulu mengenai lokasi pengambilan gambar. Bisa dengan bertanya pada teman yang sudah pernah pergi   ke sana, atau cara yang paling mudah adalah dengan searching internet. Carilah referensi foto atau tulisan sehingga kita akan memiliki gambaran tentang apa yang akan masuk dalam frame camera.
2. Lakukan persiapan yang baik
Periksa kembali gear dan kelengkapan yang akan dipergunakan. Bak itu baterai, memory, lensa, filter dsb. Jangan sampai setelah di lokasi, ada sesuatu yang ketinggalan yang akan membuat hasil jepretan menjadi tidak maksimal.
3. Cari tahu situasi lokasi pemotretan
Sebelum berangkat, baiknya kita cari tahu dulu keadaan cuaca di lokasi. Siapa tau sedang mendung atau bahkan hujan. Jangan sampai di tujuan kita malah kecewa dengan keadaan. Terkadang ada juga lokasi yang pada waktu-waktu tertentu tidak boleh dimasuki. Seperti lokasi pegunungan, jika gunung sedang aktif maka tentu aka nada larangan memasuki kawasan.
4. Datang lebih awal ke lokasi
Sunrise atau sunset hanya berlangsung sekitar 2 jam. Dengan datang lebih awal, kita bisa mengenal lokasi terlebih dahulu dan berpikir apa saja yang menarik untuk dipotret.
5. Gunakan metering yang tepat
Dalam hal ini, saya berbicara khusus untuk kamera canon karena kebetulan saya menggunakannya. Untuk memotret sunset atau sunrise, paling baik dengan menggunakan partial metering. Dimana metering ini akan lebih focus mengambil sinar matahari dan membuat gelap bagian yang berlawanan. Intinya, gunakanlah metering yang akan membuat fokus pada sumber cahaya sehingga cahaya kan diserap secara maksimal.
6. Gunakan settingan yang pas
Ada banyak mode settingan yang bisa kita set untuk memotret sunset atau sunrise. Intinya, gunakan ISO yang paling rendah, bukaan besar dan waktun yang cepat. Karena pada dasarnya, cahaya yang akan kita abadikan merupakan overexposure. Jadi kita harus mengatur metering agar pas, tidak terlalu gelap dan tidak terlau terang. Jika perlu, atur kamera hingga sedikit underexposure jika memang cahaya mataharinya terlalu kuat. Gunakan White Balance Shade atau 7000K untuk semakin menguatkan warna kemerah-merahan.
7. Buat siluet yang menarik
Siluet akan menambah makna dari foto sunset atau sunrise tersebut. Misalnya saja ada foto nelayan yang sedang menebar jaring di pantai, tentu akan menjadi nilai menarik tersendiri saat menjadi siluet.

Berikut saya tampilkan juga hasil jepretan sunrise dan sunset :

1352442858933159725
Crowded Sunset | Photograph by : Yuvalianda

1352443141349606723

Jatinegara sore itu | Photograph by : Yuvalianda

1352443516661173675

Kala pagi menjelang di sunda kelapa | dengan sedikit olah digital | photograph by : Yuvalianda
Sekian sedikit tips untuk memotret sunset dan sunrise dari saya. Mohon maaf jika masih banyak kekurangannya, karena saya sendiri juga masih awam dengan fotografi. Namun jika ingin berbagi ilmu kepada yang lain tidak ada salahnya bukan ?
Salam Jepret

Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.