Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Rabu, 26 Desember 2012

60 Prosen Warga Sidoarjo Punya Akte Kelahiran

Menurut data dari Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil Sidoarjo, sampai akhir tahun 2012 ini, hampir 60 prosen warga Sidoarjo, dari 2,1 juta jiwa penduduk, sudah memiliki akte kelahiran.

Menurut Kepala Bidang Pencatatan Sipil, Yayuk Puji Rahayu SH, bukan berarti sisa warga yang 40 prosen tidak punya akte kelahiran. Menurut Yayuk, yang 40 prosen bisa jadi berasal dari kaum pendatang yang sudah punya akte kelahiran dari daerah asal.

'' Sidoarjo itu daerah urban, sehingga banyak pendatang yang masuk,'' jelas Yayuk, Kamis (20/12) kemarin.

Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil Sidoarjo, lanjut Yayuk, senantiasa mendorong agar banyak warga yang mengurus akte kelahiran. Sebab manfaatnya banyak. Diantaranya untuk status anak, untuk pendidikan, untuk waris, dan untuk paspor.

Salah satu upaya Dinas untuk mendorong agar banyak warga punya akte, adalah dengan menggelar pelayanan jemput bola kepada warga yang berada di kecamatan. Pelayanan pembuatan akte kelahiran ini 1 hari jadi dan diberikan secara gratis.

''Pelayanan ini untuk mendekatkan diri kepada masyarakat,'' ujar Yayuk.

Agar semakin banyak warga Sidoarjo yang memiliki akte kelahiran, pada tahun 2013 nanti, dijadwalkan pelayanan jemput bola akan dilakukan pada semua kecamatan atau pada 18 kecamatan. Karena keterbatasan anggaran, pada tahun 2012 ini pelayanan jemput bola masih dilakukan pada 10 kecamatan saja.

Disampaikan Yayuk, agar pelayanan maksimal, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempersiapkan diri untuk mendapatkan ISO.Saat ini, dinas sedang mempersiapkan diri. Diantaranya sarana prasarananya, SDM dan SOP nya.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.