Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Rabu, 19 Desember 2012

Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional Kabupaten Sidoarjo Sosialisasikan Masyarakat Gemar ikan

Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional Kabupaten Sidoarjo yang diketuai oleh Hj. Anik Saiful Ilah hari ini (18/12) menggelar sosialisasi Forikan Gebyar Gemar Makan Ikan dan sekaligus memperingati Hari Nusantara tahun 2012 di Pendopo Delta Nugraha Kabupaten Sidoarjo.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Sidoarjo IR. Muhammad Sholeh, Msi sebagai Ketua Harian Forikan dan sekaligus sebagai Ketua Panitia Sosialisasi Forikan kali ini, dalam laporannya menyampaikan bahwa sosialisasi gemarikan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Sidoarjo telah melakukan beberapa kali sosialisasi dan pengenalan produk – produk olahan ikan kepada masyarakat.Untuk tingkat Konsumsi ikan masyarakat Sidoarjo mencapai 27 kg / kapita / tahun sedangkan tingkat nasional 35 kg / kapita / tahun.

Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Sidoarjo memiliki peran yang strategis dalam mensosialisasikan serta memberikan informasi pada masyarakat luas tentang manfaat ikan sebagai sumber pangan peningkatan pengetahuan masyarakat terhadap ikan sebagai makanan yang beragam, bergizi, menyehatkan, mencerdaskan dan aman dikonsumsi.

Melalui peningkatan konsumsi ikan akan berdampak langsung pada penyediaan lapangan kerja (padat karya), sumber devisa negara serta peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya para nelayan, pembudidaya dan pengolah hasil perikanan.

Hj. Anik Saiful Ilah selaku Ketua Forikan Kabupaten Sidoarjo dan juga ketua TP PKK Kabupaten Sidoarjo sangat apresiatif dengan kegiatan sosialisasi gemarikan ini. Mengingat Sidoarjo sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi sumber daya perikanan dan kelautan yang cukup besar. Pembangunan bidang perikanan ini tentunya atas peran aktif para nelayan, pembudidaya perikanan, serta pelaku usaha produksi dan pengolah ikan.

“Sosialisasi Gemarikan ini dilakukan dalam upaya meningkatkan konsumsi makan ikan bagi masyarakat Sidoarjo dan menyehatkan masyarakat, juga untuk menggugah masyarakat agar meningkatkan konsumsi ikan dalam rangka menyukseskan program nasional Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan,” ujar Anik

Acara ini juga dimeriahkan oleh finalis Master chef tahun 2011 “Sarwan” yang juga berasal dari Kabupaten Sidoarjo, serta murid – murid dari SD Pucang III Sidoarjo yang menyanyikan lagu gemarikan.

Master chef “Sarwan “ mendemokan masakan – masakan olahan ikan yang bahannya memang asli dari Sidoarjo diantaranya masakan ikan bakar bumbu petis dan burger tempe udang.

Para peserta sosialisasi yang terdiri dari TTP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan se Kabupaten Sidoarjo, dan SKPD terkait sangat antusias mengikuti sosialisasi ini dan demo masask yang oleh master chef Sarwan.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.