Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Selasa, 24 April 2012

Kecamatan Taman menyimpan potensi wisata yang luar biasa. Di wilayah Sidoarjo yang berbatasan dengan Surabaya ka wasan barat laut itu, terdapat bangunan kuno yang diperkirakan berusia ra tusan tahun. Pemkab belum mem berikan perhatian untuk bangunan yang kini ditempati SDN Wonocolo itu.
Bangunan kuno itu tampak di Jalan Stasiun. Gedung tersebut masih terlihat megah. Jejak-jejak sejarah masih melekat pada bangunan yang cukup besar itu.


 


Camat Taman M. Bahrul Amig menyatakan, bangunan tersebut saat ini digunakan SDN Wonocolo. Meski demikian, mayoritas bangunannya masih asli dan belum banyak berubah. ”Kecuali cat. Tapi, motif tembok, teras, dan atapnya masih seperti dulu,” katanya. Berdasar dokumen yang tertinggal, dulu bangunan itu digunakan untuk sekolah Tionghoa.
Karena itulah, orang-orang tua sering mendatangi jangunan tersebut sekadar untuk bernostalgia. Mantan camat Krian itu mengakui bahwa perhatian pemkab memang kurang.
Terbukti, bangunan itu tak dirawat. Padahal, dengan lokasinya yang dekat stasiun dan pusat keramaian, bangunan tersebut bisa menjadi ikon Kecamatan Taman. Bahrul menyatakan mendapat banyak dukungan dari masyarakat agar keaslian bangunan itu dilestarikan.
Bahkan, warga sangat senang jika gedung tersebut dijadikan cagar budaya. ”Biar tidak dirusak atau dikotori. Karena itu bukti sejarah bahwa Taman disentuh kemajuan sejak lama,” ucapnya. Dia berharap, pemkab memperhatikan bangunan tersebut sehingga lebih bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Powered By Blogger
Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.