Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Selasa, 03 April 2012

Sembilan Siswa SMKN 3 Magang ke Jepang

Kemampuan siswa SMK di Sidoarjo terus dimatangkan. Tidak hanya memperdalam ilmu k ejuruan dari teori dan praktik yang disampaikan oleh pihak sekolah, tetapi mereka juga mengasah ilmu yang diterima ke luar negeri.
Seperti yang dilakukan sembilan siswa SMKN 3 Buduran yang berangkat ke Jepang untuk magang kerja selama 3 tahun di sejumlah perusahaan konstruksi. Keberangkatan siswa ini merupakan wujud kerjasama Japan Indonesia Economic Center dengan sejumlah sekolah SMK di indonesia untuk memajukan kualitas pendidikan, khususnya siswa menengah kejuruan di Indonesia.
SMKN 3 SIDOARJO
Sebanyak sembilan siswa SMKN 3 Buduran ini bagian dari 19 siswa yang akan mengikuti magang kerja di perusahaan konstruksi dan perkapalan di Jepang. Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Sidoarjo, Agoes Boedi Tjahjono mengatakan, 19 siswa ini terpilih setelah melalui berbagai tes keilmuan dan kesehatan selama tiga bulan yang ditentukan oleh perusahaan tempat mereka bernaung di jepang.
Selain itu, penguasaan berkomunikasi dalam bahasa jepang juga menjadi pertimbangan kelulusan siswa magang ke Jepang. “Perusahaan yang menjadi jujukan yakni Yamane kousan, Marutatsu, Kimizaki dan Hirano Tekhouso yang bergerak di bidang konstruksi baja dan perkapalan,” terang Agoes di sela pemberangkatan sembilan siswa SMKN 3 Buduran, kemarin (2/4).
Menurutnya, bidang pekerjaan selama magang di Jepang yakni pengelasan besi baja. Bidang tersebut dianggap menjadi salah satu bidang yang menelurkan bibitbibit unggul siswa SMK di Indonesia.
“Sidoarjo tidak mau ketinggalan dengan siswa kompetennya,” katanya. Dia mengungkapkan, Dispendik akan terus menggenjot siswa-siswanya khususnya siswa SMK yang handal. Fungsinya agar setelah lulus dari SMK, siswa tersebut siap ikut dalam perusahaan berkembang hingga maju.
“Lebih baik lagi jika bisa membuka lapangan kerja sendiri,” ucapnya. Kepala SMKN 3 Buduran, Asmunir mengatakan, sangat mendukung siswanya yang berangkat ke Jepang. Pihak nya akan berupaya keras dengan meningkatkan mutu pendidikan dan kompetensi serta menambah skill kemampuan siswa dalam praktik kerja.
“Pengiriman siswa ke luar negeri untuk gelombang dua akan dilakukan pada Mei mendatang,” pungkasnya.

0 comments:

Posting Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Powered By Blogger
Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.