Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Rabu, 25 Juli 2012

Buah buahan Yang Tepat Saat Berpuasa

Keluhan melilit pada perut seringkali dialami bagi anda yang sedang menjalankan ibadah puasa. Terlebih bagi anda yang mempunyai gangguan  lambung. Namun, ini bukan alasan bagi anda untuk tidak melakukan atau berhenti menjalankan puasa wajib tersebut bagi umat islam. Nah berikut ini kenzoo share beberapa tips kesehatan untuk tetap lancar dalam menjalankan puasa meski anda sedang mengalami gangguan lambung. Luka lambung akibat asam yang tinggi bisa diringankan dengan mengkonsumsi buah pisang. Pisang dipercaya memiliki senyawa yang memelihara probiotik atau ramah bakteri dalam usus besar.

Menurut para ahli penyakit dalam, probiotik atau bakteri tersebut akan memproduksi enzim yang bermanfaat untuk meningkatkan pencernaan dan melindungi dari infeksi bakteri yang tidak sehat. Bahkan, dalam satu buah pisang tercantum mengandung 11% serat dan 108 kalori dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli gizi. Kandungan tersebut cukup pas untuk pencernakan. Dan karena senyawa inilah pisang bisa dikatakan bersahabat dengan usus. Disamping hal itu, pisang juga memberikan efek mengenyangkan yang berarti mencegah untuk menambah asupan secara berlebihan.  Buah ini juga aman bagi anda yang ingin tetap  memiliki perut yang ramping.

Kandungan inhibitor protease yang dimiliki buah pisang merupakan zat yang mampu memecah bakteri di dalam lambung perut yang menyebabkan bisul. Pisang juga diketahui menjadi perantara yang baik untuk menyerap kalsium. Kandungan probitik yang terdapat pada pisang dalam hal ini berperan sangat penting dalam meperlancar pencernakan. Kandungan vitamin B6 yang terdapat dalam pisang sangatlah dibutuhkan bagi usus besar. Vitamin B6 berperan dalam memaksimalkan kerja folat dalam tubuh sehingga proses dalam buang air besar menjadi lancar. Maka mengkonsumsi pisang setiap hari sangat disarankan untuk membantu kerja usus dan melancarkan pencernakan.

Selain manfaat untuk kesehatan usus dan perut, kandungan yang ada dalam buah pisang juga bisa mendorong produksi serotonin, hormon kebahagiaan yang berfungsi meningkatkan mood dan memberi rasa sehat dan ketenangan. Kesehatan tubuh sering dipengaruhi oleh psikis, oleh karena itu, dengan rasanya yang dingin, para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi pisang agar tubuh tetap bugar meski sedang berpuasa.

Buah pisang juga menjadi alternatif makanan untuk diet karena berfungsi sepat mengenyangkan. Selain itu sarapan dengan pisang bisa membantu pencernakan dan sistem kardiovaskular yang melindungi tubuh terutama pada perempuan dari stres. Kandungan nutrisinya antara lain asam folat, magnesium, vitamin A, Vitamin C dan potasium.

Tak hanya itu saja, pisang juga memiliki efek antasid yakni menetralkan asam klorida dan merangsang produksi mukosa atau lendir dalam lambung. Dengan demikian sangat disarankan untuk mengkonsumsi pisang setengan jam sebelum atau sesudah makan untuk membantu kesehatan anda.

Selain buah pisang, berikut ini beberapa contoh buah yang bagus dalam membantu anda menjalankan ibadah puasa agar tetap lancar tanpa gangguan kesehatan.

1. Pepaya

Pepaya memiliki sifat antiseptik sehingga baik untuk membunuh bakteri yang merugikan dalam usus, menormalkan Ph usus sehingga keadaan flora usus menjadi normak dan terjaga. Pepaya juga mempercepat pencernakan karena mempunyai enzim papain yang mampu memecah serat serat daging.

2. Mangga

Mangga memiliki kandungan vitamin A, C dan E yang sangat bagus untuk keremajaan kulit. Kandungan asam galat yang terdapat pada mangga sangat baik untuk pencernakan. Satu buah mangga mengandung 7 gram serat yang dapat membantu pencernakan dalam perut. Sebagian serat larut dalam air dan dapat menjaga kolesterol agar tetap dalam keadaan normal.

3. Kiwi

Kiwi mengandung serat, probiotik dan enzim pencernakan yang berperan membantu pencernakan dan penyerapan. Kandungan yang terdapat dalam buah kiwi itu sangat baik dalam membantu proses pencernakan dalam usus.

4. Apel

Apel merupakan buah yang sangat kaya akan serat dan berkadar air tinggi. Apel yang mempunyai kandungan air yang tinggi ini juga mampu membuat lambung meregang dan mengenyangkan. Apel yang dikonsumsi bersama dengan kulit luarnya akan membuat kadar glukosa dalam darah lambat naik. Selain itu buah apel juga dipercaya menjadi salah satu makanan terbaik untuk kulit sehat anda.

Nah, itulah tadi beberapa buah buahan yang sangat baik untuk membantu anda memperlancar puasa anda tanpa gangguan kesehatan terutama perut dan lambung yang bisa kenzoo berikan dalam artikel kali ini buat para sahabat yang kami kemas dalam Buah buahan Yang Tepat Saat Berpuasa. Semoga bisa bermanfaat.
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.