Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Rabu, 25 Juli 2012

Pasar Murah BUMN Peduli 2012 Tahap Kedua Digelar di Empat Kecamatan di Kabupaten Sidoarjo

Pasar Murah BUMN peduli 2012 tahap kedua digelar di 4 kecamatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo (Kecamatan Sukodono, Wonoayu, Tulangan dan Kecamatan Prambon). Setelah pada tahap pertama yang telah dilakukan pada bulan Mei 2012 kemarin dan juga dilaksanakan di 4 kecamatan (Kecamatan Balongbendo, Krembung dan Kecamatan Jabon). Tadi pagi Selasa (24/7) Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum secara resmi membuka pelaksanaan kegiatan Pasar Murah BUMN peduli 2012 untuk tahap kedua tersebut di kantor Kecamatan Tulangan.

Ada 1700 paket yang di sediakan di Pasar Murah BUMN peduli 2012 tersebut. Perpaketnya dijual kepada masyarakat kurang mampu yang ada di Kecamatan Tulangan seharga Rp 25 ribu yang berisi 5 kg beras, 2 liter minyak goreng, 2 kg gula.

Dihadiri oleh Wakil Bupati Sidoarjo H.MG Hadi Sutjipto SH,MM, Ketua DPRD Sidoarjo Dawud Budi Sutrisno SH,M.Hum, Sekda Sidoarjo Vino Rudy Muntiawan SH, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. M Muslikh Yasin MA serta pejabat Sidoarjo terkait dan Kepala PT Askes (Persero) Divisi Regional VII Jawa Timur Muhammad Edison MM. Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah dalam sambutannya menyampaikan terima kasihnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak-pihak yang mendukung dan berpartisipasi pada acara pasar murah tersebut khususnya PT Askes Surabaya. Ia berharap dengan diselenggarakannya Pasar Murah BUMN peduli 2012 kali ini dapat membantu masyarakat yang daya belinya kurang untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

“Pasar murah ini tidak bisa menjadikan masyarakat miskin menjadi kaya, tetapi paling tidak hal ini akan meringankan beban keluarga miskin,”ujarnya.

Ia menyadari bahwa jumlah keluarga miskin di Kabupaten Sidoarjo masih cukup banyak. Disisi lain anggaran yang disediakan oleh pemerintah pusat melalui BUMN sangat terbatas. Sehingga pasar murah tersebut ujar Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah belum bisa mencukupi kebutuhan seluruh masyarakat miskin yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Untuk itu ia berharap kegiatan pasar murah tersebut nantinya akan sesuai dan tepat sasaran.

“Kegiatan pasar murah ini sepenuhnya diperuntuhkan bagi masyarakat miskin atau masyarakat kurang mampu yang ada di Kabupaten Sidoarjo,”ujarnya.

Sementara itu Kepala PT Askes (Persero) Divisi Regional VII Jawa Timur Muhammad Edison MM yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa sembako yang dijual dalam Pasar Murah BUMN peduli 2012 tersebut telah mendapatkan subsidi dari pemerintah sebesar 70% dari harga sebenarnya. Sehingga masyarakat kurang mampu cukup membeli paket sembako tersebut sebesar 30% saja.

Namun khusus untuk kegiatan Pasar Murah BUMN peduli 2012 di Kabupaten Sidoarjo ujar Muhammad Edison, BUMN menanggung 73,2% dari harga jual dan masyarakat cukup membeli 26,8% nya saja. Dimana harga sembako yang sebenarnya senilai Rp 93 ribu, dijual kepada masyarakat kurang mampu di Sidoarjo seharga Rp 25 ribu.

Muhammad Edison mengatakan bahwa alokasi dana yang disediakan untuk kegiatan Pasar Murah BUMN peduli 2012 di Kabupaten Sidoarjo sebesar Rp 887 juta. Alokasi dana tersebut dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada bulan Mei 2012 kemarin dan tahap kedua dilaksanakan pada bulan Ramadhan saat ini.

“Untuk pelaksanaan tahap kedua ini, tanggal 23 dan 24 Juli pada saat bulan Ramadhan ada di 4 kecamatan. Kemarin diadakan di Kecamatan Sukodono tanggal 23 Juli ,kita distribusikan 1809 paket dan Kecamatan Wonoayu sebanyak 1700 paket dan untuk hari ini ada dua kecamatan yaitu Kecamatan Tulangan dan Prambon yang kita alokasikan dimasing-masing kecamatan 1700 paket,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Kepala PT Askes (Persero) Divisi Regional VII Jawa Timur Muhammad Edison mengatakan bahwa kegiatan Pasar Murah BUMN peduli 2012 tersebut merupakan wujud kepedulian pemerintah kepada masyarakat kurang mampu. Lewat program CSR BUMN peduli 2012, Kementerian BUMN bersama BUMN ingin mewujudkan kepedulian tersebut dengan menggelar pasar murah bagi masyarakat kurang mampu.

“Kementerian BUMN bersama BUMN turut serta menjadi ujung tombak program penanganan kawasan miskin dan pengatasan kemiskinan,”ujarnya.

Muhammad Edison menyampaikan bahwa kegiatan pasar murah BUMN peduli 2012 tersebut dilaksanakan di 33 propinsi di seluruh Indonesia dengan melibatkan 44 BUMN sebagai koordinator pasar murah BUMN Peduli 2012. Tujuannya sendiri adalah untuk membantu masyarakat kurang mampu agar dapat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau. Selain itu untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok yang biasanya sedikit melonjak menjelang hari raya atau lebaran.

“PTPN X yang ditunjuk sebagai koordinator Pasar Murah BUMN peduli 2012 wilayah Jawa Timur memberikan amanah kepercayaan kepada PT Askes (Persero) Divisi Regional VII khususnya Kantor Cabang Utama Surabaya untuk melaksanakan kegiatan pasar murah diwilayah Kabupaten Sidoarjo,”ujar Muhammad Edison.

Ia menambahkan bahwa kegiatan Pasar Murah BUMN Peduli 2012 di Propinsi Jawa Timur dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama sudah dilakukan di bulan Mei 2012 kemarin. Untuk tahap kedua ini serentak dilaksanakan di 32 kota/kabupaten di Jawa Timur mulai yang dimulai tanggal 20 sampai dengan 25 Juli 2012.

Dengan melibatkan 19 BUMN yang berada di Jawa Timur sebagai operatornya ujar Muhammad Edison, alokasi dana yang diperuntukkan untuk kegiatan Pasar Murah BUMN Peduli 2012 di tahap pertama sebesar Rp 10,5 Milyar. Begitu juga alokasi dana yang sama jumlahnya disiapkan di tahap kedua ini.

“Dengan alokasi dana Rp 10,5 milyar pada bulan Mei kemarin yang sudah direalisasikan dan Rp 10,5 milyar pelaksanaan menjelang bulan Ramadhan 1433 H, jadi pada saat ini,”ujarnya.

0 comments:

Posting Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Powered By Blogger
Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.