Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Selasa, 17 Juli 2012

Diduga Tercemar Limbah, Ratusan Ikan Mabuk Di Aliran Sungai Tulangan hingga Candi

Ratusan ikan bergelimpangan karena mabuk di sungai yang mengalir dari kawasan Tulangan hingga Candi, kemarin (16/7). Belum diketahui penyebab pasti ikan itu mabuk. Tapi yang pasti, kesempatan ini dimanfaatkan warga sekitar dengan beramai- ramai turun ke sungai menangkap ikan.
“Mumpung banyak ikan mabuk, kita tangkapi untuk lauk makan,” kata Sudiono, salah satu warga. Dengan peralatan seadanya seperti serok, jala ikan, bahkan tangan kosong, warga menangkapi ikan-ikan yang bermunculan di permukaan sungai itu.
Mereka tak menghiraukan apakah ratusan ikan yang mabuk itu karena keracunan limbah atau tidak. Mereka lebih berkonsentrasi untuk menangkap ikan itu dan membawanya pulang.
Sungai yang melintas di sepanjang Tulangan hingga Candi saat musim kemarau saat ini debit airnya memang berkurang. Kondisi itu membuat warga tidakbegitu kesulitan menangkap ikan y ang mabuk. Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sidoarjo, Erny Suryani mengatakan, pihaknya baru menerima laporan adanya ikan mabuk di sepanjang sungai Tulangan hingga Candi itu.
Untuk menindaklanjutinya,  pihaknya akan segera melakukan pengecekan agar diketahui penyebab pasti ratusan ikan itu mabuk. “Kami baru dapat info, akan akan kami tindaklanjuti dengan mengecek di lapangan,” kata Erny Suryani. Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin, mengaku sudah mendengar informasi tersebut.
Pihaknya meminta BLH untuk segera mengecek kadar air di sungai yang mengalir dari Tulangan sampai Candi itu. Apalagi, di sepanjang kawasan itu terdapat dua pabrik gula (PG) yang masih beroperasi.
Ia khawatir kasus pencemaran berat di Kali Surabaya oleh PG Gempolkrep, Mojokerto, beberapa waktu lalu, terulang.
“Pengecekan kadar air perlu dilakukan agar diketahui penyebab pasti ikan-ikan itu mabuk. Apa benar telah tercemar atau tidak.
Kalau iya, harus ditelusuri sumber pencemarannya darimana,” kata Nur Ahmad Syaifuddin.

0 comments:

Posting Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Powered By Blogger
Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.