Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Kamis, 19 Juli 2012

HARGA AYAM NAIK, GULA-MIGOR-SAYUR Di Sidoarjo STABIL

Kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok menjelang Ramadan menjadi perhatian pemerintah kabupaten (Pemkab) Sidoarjo.
ANTISIPASI: Wakil Bupati MG Hadi Sutjipto (baju htam) saat sidak harga kebutuhan pokok di Pasar Larangan
Dua hari menjelang puasa, tim pemkab yang dipimpin Wakil Bupati MG Hadi Sutjipto melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk memantau perkembangan harga kebutuhan pokok di Pasar Larangan.
“Dari hasil sidak di Pasar Larangan, secara umum harga kebutuhan pokok stabil. Hanya harga ayam potong yang naik dari Rp 25 ribu menjadi Rp 28 ribu,” ungkap MG Hadi Sutjipto seusai sidak, kemarin (18/7).
Kenaikan daging ayam itu, kata wabup, diduga karena banyak warga yang menggelar megengan atau tasyakuran menyambut datangnya bulan suci Ramadan.
Jika harga daging ayam naik, hal itu berbeda dengan harga daging sapi yang justru mengalami penurunan. Dari harga semula Rp 70 ribu per kilogram untuk daging sapi jenis super, kini turun Rp 65 ribu.
Sedangkan harga daging dengan kualitas di bawahnya dijual Rp 63 ribu dari sebelumnya Rp 64ribu per kilogram.
“Harga gula juga sudah turun dan stabil. Sebelumnya, per kilo dijual Rp 11.500. Sekarang sudah turun menjadi Rp 11 ribu,” tegas mantan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo ini.
Dalam pantauannya di berbagai stan penjual barang kebutuhan pokok di Pasar Larangan itu, Pak Tjip —panggilan akrab MG Hadi Sutjipto—mendapati bahwa harga-harga barang masih relatif stabil. Mulai dari harga beras, gula, minyak goreng, sampai sayuran.
Bahkan untuk beras jenis Bengawan, mengalami penurunan  harga. Dari minggu lalu yangdijual Rp 9.000, sekarang turun jadi Rp 8.500. Harga telur ayamr ras  juga mengalami penurunan dari Rp 18.000 menjadi Rp 17.500 per kilogram.
Saat sidak itu, para pengunjung dan pedagang Pasar Larangan sempat kaget.
Namun, kesempatan itu mereka manfaatkan untuk menyampaikan unek-unek ke pejabat pemkab. “Kita minta kalau bisa harganya stabil terus, Pak,” ucap Suharyati, pembeli, kepada Wabup MG Hadi Sutjipto.
Tak hanya pembeli, para pedagang juga berharap harga kebutuhan pokok bisa stabil. Sebab jika kebutuhan pokok naik, daya beli konsumen akan berkurang. “Baik pedagang maupun pembeli memang berharap stabil,” kata wabup.
Agar harga-harga kebutuhan pokok tetap stabil, pemkab sudah menyiapkan sejumlah operasi pasar. Operasi pasar ini akan digelar mendekati Lebaran seperti tahun-tahun sebelumnya.
Dalam sidak kemarin, tampak hadir Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Bambang Winarko, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan, dan ESDM Maksum, Kepala Dinas Pasar I Putu Sri Yoga, Kabag Perekonomian Syaiful Aji, dan para pejabat lainnya.

0 comments:

Posting Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Powered By Blogger
Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.