Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Senin, 23 Juli 2012

Jalan Diperbaiki, Lalin Porong Dialihkan

Arus lalu lintas (lalin) yang melewati Raya Porong, khususnya jalur Malang-Surabaya, saat ini kerap tersendat bahkan macet.
DITUTUP: Petugas lalu lintas mengalihkan arus yang hendak masuk ke Raya Porong.
Gara-garanya, di lajur kea rah Surabaya sedang dilakukan perbaikan peningkatan jalan. Pekerjaan peninggian jalan itu sudah berlangsung hampir tiga pekan.
Proses pengerjaan dilakukan berupa peninggian badan jalan sekitar 20 cm dari kondisi sebelumnya.
“Karena ada peninggian jalan, raya Porong arah ke Surabaya yang biasanya bisa untuk dua kendaraan, saat ini hanya bisa dilewati satu kendaraan saja,” kata salah satu petugas.
Dari pantauan di lokasi, kemacetan panjang kerap terjadi di Raya Porong jalur sisi barat.
Hal itu karena sebagian badan jalan diuruk dan dilakukan pemadatan. Untuk mengurai kemacetan, pihak kepolisian memberlakukan buka- tutup ruas jalan.
“Apabila terjadi penumpukan kendaraan, maka buka tutup kami berlakukan. Kendaraan roda empat atau lebih kami arahkan ke barat lewat jalan arteri,” kata petugas Lantas Polres Sidoarjo.
Untuk mengurai kemacetan, kendaraan roda empat atau lebih dianjurkan memakai jalur arteri baru Porong.
Pihak Pemprov Jatim sebenarnya sudah memasang rambu-rambu di kawasan Gempol dan jembatan Porong agar kendaraan roda empat/lebih memilih jalur arteri baru karena jalan Raya Porong dalam perbaikan.
Namun, tetap saja ada pengendara roda empat yang memilih raya Porong yang rutenya memang lebih pendek dibandingkan lewat arteri baru yang berlokasi sekitar 1 kilometer di sisi barat Raya Porong.
“Karena masih banyak yang melewati jalan Raya Porong, makanya kita arahkan ke jalur arteri  agar tidak terjadi kemacetan,” katanya.
Ditambahkan, kendaraan roda empat atau lebih diarahkan ke jalur arteri dari pertigaan jalan Raya Porong. Sedangkan kendaraan roda dua masih diperbolehkan melewati jalan yang sedang diperbaiki tersebut.
Rencananya, buka-tutup arus lalin di Raya Porong ini akan terus dilakukan hingga pekerjaan peninggian jalan tersebut selesai dilakukan.
Informasinya, perbaikan itu ditargetkan tuntas sebelum arus mudik pada pertengahan Agustus nanti.
Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin, berharap agar pekerjaan perbaikan jalan yang ada di Sidoarjo bisa dituntaskan sebelum arus mudik lebaran.
Dengan kelarnya perbaikan jalan sebelum lebaran, maka masyarakat bisa lancar saat melakukan perjalanan arus mudik maupun balik.
“Harapan kami, pekerjaan bisa selesai sebelum arus mudik lebaran nanti.
Baik itu pekerjaan yang dilakukan provinsi maupun yang dilakukan oleh Bina Marga Sidoarjo,” ucapnya.
Selama ini, diakui banyak masukan ke pihaknya terkait kondisi kemacetan kendaraan di Raya Porong saat aktivitas perbaikan jalan.
Namun karena yang melakukan pekerjaan bukan  dari DPU Bina Marga Sidoarjo, maka pihaknya hanya bisa menghimbau agar pekerjaan itu bisa diselesaikan tepat waktu sebelum arus mudik lebaran nanti.

0 comments:

Posting Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Powered By Blogger
Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.