Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Rabu, 04 Juli 2012

Pemkab Sidoarjo Didesak Bangun Pasar Sementara Di Krian

Pemkab Sidoarjo diminta tidak sekedar melarang pedagang berjualan lagi di Pasar Krian yang baru mengalami kebakaran. Namun, juga didesak agar segera membangun pasar sementara yang baru.  Desakan tersebut disampaikan Ketua  Komisi B, DPRD Sidoarjo, M. Agil Efendi, Selasa (3/7).
Menurut anggota DPRD dari  Fraksi Demokrat  ini para pedagang memang banyak yang menuntut agar bisa segera kembali berjualan. Bahkan, di antara mereka  ada yang memaksa masuk lokasi tempat berjualan  meski  telah terbakar.
Namun,  mereka  dilarang  masuk. Alasannya, karena sampai saat ini polisi masih melakukan olah tempat kejadian perkara  (TKP) untuk mengidentifikasi  penyebab kebakaran. ‘’Makanya, pasca terbakarnya pasar Krian  itu  hingga saat ini para pedagang masih belum diperbolehkan berjualan di lokasi kejadian,’’ jelasnya.
Untuk itu, dia berharap agar Pemkab Sidoarjo segera membangun pasar sementara. Tujuannya,  agar pedagang yang jadi korban kebakaran di Pasar Krian itu bisa cepat berjualan.  Sebab, sumber pendapatan dan penghidupan mereka  hasil dari hasil jualan.
Hal senda juga diungkapkan anggota Komisi C  DPRD Sidoarjo, HM Yasluck Hasan.  Menurut dia, memang harus segera dibangun pasar sementara, sehingga  pedagang bisa sesegera mungkin melakukan aktifitasnya kembali.
Menanggapi usulan pedagang yang akan membangun pasar dengan swadaya, menurut dia m tidak masalah. ‘’Cara seperti sah-sah saja. Sebab, menunggu dari pemerintah terlalu lama. Padahal, sebentar lagi Ramadhan lalu lebaran. Usulan itu bisa diterima. Namun kita akan bicarakan lagi dengan  eksekutif  dan melihat MoU-nya nanti," paparnya.
Sementara itu, Djoko Susilohadi Kepala Unit Pelaksana Teknis pasar Krian  mengakui bila pedagang ngotot membangun sendiri pasar Krian. Bahkan pedagang sudah menyiapkan investor sendiri. ‘’Pedagang  kami minta agar tak gegabah menerima investor meskipun  swadaya," ujar Djoko Susilohadi.
Sedangkan Kepala Dinas Pasar Soyoga Putu berjanji akan segera bermusyawarah dengan para pedagang terkait pembangunan pasar tersebut. "Kami akan memfasilitasi keinginan mereka. Kita rencanakan  sehingga tinggal  realisasikan saja,"  tuturnya.
Menurut dia, realisasi pembangunan pasar itu harus segera agar pedagang tidak buka lapak dengan asal-asalan. Sebab, dampaknya, kata dia,  bisa membuat keadaan pasar semakin sulit diatur. Karena itu dia meminta  UPT  Pasar Krian  bisa mengatur kembali para para pedagang yang ada.
Alasannya, kini lebih dari 75 lapak di bangun secara asal-asalan. ‘’Untuk jalan saja sulit, bisa dikatakan pasar tersebut over load. Karena itu, UPT Pasar Krian saya minta untuk menata mereka dengan baik,"  tambahnya.

0 comments:

Posting Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Powered By Blogger
Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.