Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Rabu, 04 Juli 2012

Pusat Olahan Ikan (POI) di bekas Pasar Ikan Sidoarjo, Jl Hang Tuah, IKON BARU KOTA DELTA

Ikan apapun, diolah jadi apapun, ada di sini. Pusat Olahan Ikan (POI) di bekas Pasar Ikan Sidoarjo, Jl Hang Tuah, menjadi surga bagi para pecinta kuliner berbahan seafood.
LOKASI POI seluas 0,6 hektare itu diresmikan, kemarin (3/7). Pada hari pertama beroperasi, produk-produk andalan pun langsung ditampilkan. Olahannya sangat beragam.
SENENGANKU: Bupati Saiful Ilah tunjukkan olahan bandeng presto super yang dipamerkan di Pusat Olahan Ikan, kemarin.
Ada yang diasap, tinggal goreng, presto, otakotak, nugget, krupuk, bakso maupun dijadikan siomay. Tidak hanya ikan,  melainkan juga jenis makanan laut lain seperti udang dan cumi. Pengunjung bebas memilih di 32 stan yang tersedia.
Menurut Bupati Saiful Ilah, POI dibangun sebagai upaya memfasilitasi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bidang pengolahan ikan untuk memasarkan produknya.
“Semoga dengan adanya tempat ini, penghasilan masyarakat bisa meningkat,” harap Saiful. Sebelumnya, para pelaku UMKM memasarkan produk mereka secara individu di beberapa tempat.
POI kini menggabungkan mereka semua agar lebih tersentral. Pemasarannya dipastikan jadi lebih optimal. Saiful menilai, pelaku UMKM mengalami keterbatasan modal, sarana dan prasarana dalam menjual produk.
“Buktinya, cara penjualan masih dititipkan pada pedagang- pedagang keliling. Ada juga yang dijual di rumah tempat pengolah ikan, yang letaknya jauh dari pusat kota,” yakin Saiful.
Tiap stan di POI dilengkapi fasilitas freezer untuk mengawetkan produk.
Saiful optimistis, POI alan menjadi ikon baru Kabupaten Sidoarjo. Kini terdapat sekitar 600 UMKM pengolahan ikan di 18 kecamatan se-Sidoarjo.
Kepala Bidang Sumber Hayati Pelayanan Darat Dinas Perikanan dan Kelautan Bachruni mengatakan, penyewa stan berasal dari seluruh kecamatan tersebut.

0 comments:

Posting Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Powered By Blogger
Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.