Kamis 12 Juli 2012 Pkl 16.15 saya bermaksud belanja di Koperasi
Intako Tanggulangin Sidoarjo. Sampai di tempat saya langsung masuk ke
counter dompet yang berada di sisi kiri depan dari pintu masuk (ruangan
berkaca). Disaat memilih dompet, saya menanyakan ke pramuniaga apakah
item ini memiliki warna yang lain? Tanpa melihat kepada saya (posisi
tubuh membelakangi) dan tanpa melihat dompet tersebut dengan seenaknya
pramuniaga itu mengatakan dengan nada malas-malasan kalau warna lain
dompet itu tidak ada. Ajaib sekali pramuniaga wanita itu mengatakan
demikian. Sakti. Tahu barang yang dimaksud dan berbicara dengan customer
dengan cara membelakangi badan, alangkah tidak sopannya.
Batas kesabaran saya masih ada, kemudian saya minta tolong dibuatkan nota karena bermaksud membeli dompet tersebut. Dengan wajah masam, dia tulis nota, saya kemudian bertanya apakah nota ini langsung dibayar di kasir depan? Alangkah kagetnya saya, bukan jawaban bibir yang saya terima dari pramuniaga itu tapi hanya helaan nafas yang kemudian meninggalkan saya yang terbengong sendirian. Apakah tidak ada training oleh manajemen Koperasi Intako terhadap karyawannya mengenai bagaimana cara melayani customer?
Keramahan, pelayanan yang cepat dan tanggap merupakan salah satu syarat yang harus dimiliki seorang pramuniaga toko, mengingat toko Intako ini termasuk toko besar di Tanggulangin Sidoarjo Jawa Timur. Sepertinya koperasi Intako sudah dikelola secara profesional, tetapi mengapa masih memiliki 1 pramuniaga wanita yang pelit untuk berbicara dengan customer? Bahkan tidak memiliki norma kesopanan dalam tugasnya melayani customer.
Marina Prima Utami
Villa Bukit Tidar A5 No.21 Lowokwaru
Malang
Batas kesabaran saya masih ada, kemudian saya minta tolong dibuatkan nota karena bermaksud membeli dompet tersebut. Dengan wajah masam, dia tulis nota, saya kemudian bertanya apakah nota ini langsung dibayar di kasir depan? Alangkah kagetnya saya, bukan jawaban bibir yang saya terima dari pramuniaga itu tapi hanya helaan nafas yang kemudian meninggalkan saya yang terbengong sendirian. Apakah tidak ada training oleh manajemen Koperasi Intako terhadap karyawannya mengenai bagaimana cara melayani customer?
Keramahan, pelayanan yang cepat dan tanggap merupakan salah satu syarat yang harus dimiliki seorang pramuniaga toko, mengingat toko Intako ini termasuk toko besar di Tanggulangin Sidoarjo Jawa Timur. Sepertinya koperasi Intako sudah dikelola secara profesional, tetapi mengapa masih memiliki 1 pramuniaga wanita yang pelit untuk berbicara dengan customer? Bahkan tidak memiliki norma kesopanan dalam tugasnya melayani customer.
Marina Prima Utami
Villa Bukit Tidar A5 No.21 Lowokwaru
Malang
0 comments:
Posting Komentar