Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Selasa, 17 Juli 2012

Tak Larang Sekolah Wajibkan Siswi Berjilbab

Dinas Pendidikan (Dispendik) Sidoarjo tidak melarang sekolah untuk mewajibkan siswi muslimnya memakai jilbab. Sebab, pemakaian jilbab tersebut dianggap sebagai bentuk peningkatan ketakwaan selama bulan puasa.
Sekretaris Dispendik Sidoarjo, Mustain Baladan mengatakan, meski pemakaian jilbab merupakan hak bagi setiap siswi mulsim selama bersekolah, namun mewajibkan mereka memakai jilbab selama bulan Ramadan nanti tidak melanggar aturan.
Pasalnya, selama  Ramadan, Dispendik memang menerapkan program efektif fakultatif terhadap siswa.
“Jika memang muslim, kenapa tidak mau memakai jilbab saat Ramadan,” tandasnya. Mantan kabid Pendidikan Menengah Dispendik Sidoarjo ini menambahkan, meski awalnya para siswi banyak yang tidak memakai jilbab dalam kegiatan sehar-hari, selayaknya di bulan Ramadan ini dipakai untuk introspeksi perihal ketakwaan.Salah satunya dilakukan dengan memakai jilbab.
“Ini bukan paksaan, tetapi jika memakai jilbab kan lebih baik,” tuturnya. Di sisi lain, Dispendik Sidoarjo juga memberikan kewenangan kepada sekolah untuk menyelenggarakan Pondok Ramadan sendiri selama bulan puasa. Baik itu pondok dengan menggunakan sistem menginap maupun tidak.
“Pokoknya jangan sampai membuat siswa tertekan,” tandasnya. Terkait dengan jam pelajaran, Dispendik mengimbau pihak sekolah menerapkan kebijakan yang longgar.
Sekolah yang menyelenggarakan proses belajar mengajar full day (sehari penuh) diharapkan mengurangi jam pelajarannya sehingga tidak mengganggu fisik siswa yang sedang menjalankan ibadah puasa.
Ditambahkan, pemaksaaan jam pelajaran hingga sore hari dikhawatirkan akan membebani siswa yang melaksanakan ibadah puasa.
Dengan kondisi fisik yang lemah dan jam pelajaran yang tetap padat, siswa tidak akan maksimal menempuh pelajaran.
“Kita berharap ada peningkatan ketakwaan kepada siswa, tapi jangan sampai mereka juga ketinggalan pelajarannya,” ucapnya.

0 comments:

Posting Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Powered By Blogger
Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.