Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Jumat, 24 Agustus 2012

Dispendukcapil Sidoarjo Siap Razia Pendatang

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sidoarjo siap mengantisipasi arus balik. Serbuan pendatang baru ke Sidoarjo bakal menjadi masalah jika tidak diantisipasi sejak awal.
Medi Yulianto
Sidoarjopunya daya tarik bagi pendatang karena biaya hidup yang relatif lebih rendah daripada Surabaya. Kepala Dispendukcapil Medi Yulianto menyatakan, Sidoarjo mempunyai semacam magnet untuk menarik orang dari daerah lain untuk mengadu nasib.Daya tarik itu, antara lain, banyaknya industri.
’’Mereka berangga pan, kesempatan mendapat pekerjaan semakin terbuka lebar,’’ ujarnya. Faktor lain adalah biaya hidup yang relatif murah jika dibanding Surabaya.
Dia membandingkan harga perumahan di Sidoarjo dengan Surabaya. Para pendatang mungkin bekerja di Surabaya, tapi membeli rumah di Sidoarjo. Jika dihitung, perbandingan orang yang datang ke Sidoarjo dan yang keluar adalah 2,5 : 1.
Dispendukcapil segera melakukan operasi yustisi, tepatnya pada 14 September. Operasi tersebut selalu dilakukan setiap awal dan akhir tahun. Tahun ini, operasi yustisi dilakukan dua kali pada Januari, tepatnya saat tahun baru.
Pada akhir tahun, operasi dilakukan untuk menanggulangi membeludaknya pendatang tak bersurat. Menurut Medi, dispendukcapil tidak bisa menghalangi orang datang ke Sidoarjo karena merupakan hak setiap orang.
Operasi yustisi juga tidak bertujuan membatasi orang masuk ke Sidoarjo, tapi menertibkan administrasi penduduk. ’’Jika mereka bisa menunjukkan surat-surat lengkap seperti KTP, surat pindah, akta nikah, dan kartu keluarga (KK), silakan saja datang ke Sidoarjo,’’ ujarnya.
Anggota Komisi A (hukum dan pemerintahan) DPRD Sidoarjo Adhi Samsetyo menyatakan, sulit menekan orang yang datang ke Sidoarjo. Dia mendukung langkah dispendukcapil untuk melakukan operasi yustisi.
Tidak menjadi masalah jika yang datang bukan penganggur. Adhi menekankan perlunya tertib administrasi. ’’Kalau yang tidak membawa surat-surat lengkap, lebih baik dipulangkan,’’ tegasnya.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.