Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Selasa, 16 Oktober 2012

Cegah Absen dengan Cuci Tangan

Cuci tangan dengan sabun sangat ampuh untuk mencegah penularan beragam pe nyakit.
SUPAYA SEHAT: Murid-murid SD Hang Tuah 10 Sedati cuci tangan bersama di sekolah agar terhindar dari penyakit
Kampanye cuci tangan be r sama pun terus digencarkan. Sebagai pe ringatan Hari Cuci Tangan Se dunia (Global Hand wa shing Day) setiap 15 Oktober, SD Hang Tuah 10 Sedati menga dakan cuci tangan bersama di sekolah kemarin (15/10).
Cuci tangan bersama itu diikuti seluruh siswa, Kadinkes Sidoarjo Ika Harnasti, Kadispendik Agoes Budi Cahyono, Bagian Promosi Kesehatan Dinkes Jatim Vitria Dewi, serta Aurellio Y. Kaunang dari PT Unilever Indonesia.
Vitria mengatakan, program cuci tangan dengan sabun tersebut me rupakan salah satu di antara sepuluh indikator perilaku hidup bersih dan sehat yang selama ini disosialisasikan dinkes.
Sosialisasi itu bukan tanggung jawab pe me rintah saja, melainkan juga ma syarakat, LSM, hingga peru sahaan.
Dia me ngaku cukup bangga bila masyarakat dan perusahaan bisa lebih memahami pentingnya melakukan cuci tangan dengan sabun.
Aurellio menjelaskan, penyakit infeksi menular seperti diare dan pneumonia masih menduduki sepuluh besar penyakit pasien rawat inap di Indonesia. Termasuk di Sidoarjo.
”Bahkan, tak jarang yang sampai me ng akibatkan kematian,” ucapnya.
Cuci tangan pakai sabun merupakan vaksin ampuh yang dilakukan sendiri untuk mencegah penularan penyakit.
Mulai mandi pakai sabun, sebelum makan, sesudah makan, hingga setelah da ri toilet. Menurut Aurellio, beberapa stu di menyebutkan, risiko penularan penyakit dengan cuci tangan mencapai hampir 50 persen.
Dengan kebiasaan ini, ungkap dia, angka ketidakhadiran (absen si) siswa di sekolah karena diare dan ISPA mengalami penurunan 20 hingga 50 persen.
”Hanya dengan cuci tangan,” tegasnya.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.