Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Senin, 29 Oktober 2012

PLN: 1 Januari 2013 Tarif Dasar Listrik Naik

PT PLN (Persero) memastikan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) sebesar 15% akan dikenakan kepada pelanggan listrik 1.300 kilo watt (KW) per 1 Januari 2013.

Demikian disampaikan Direktur Utama PLN, Nur Pamudji saat ditemui pada acara penyerahan bantuan CSR kepada Yayasan Yatim Piatu di Yayasan Rumah Yatim Jl.Karang Tengah Raya, Cinere, Jakarta, Minggu (28/10/2012).

"Kami umumkan bahwa per 1 Januari 2013, pelanggan listrik PLN yang 1.300 KW ke atas tarifnya akan naik. Sementara untuk pelanggan 450-900 KW tidak akan naik," kata Nur Pamudji.

Nur Pamudji mengatakan, kenaikan TDL sudah tidak bisa dihindari lagi. Hal itu mengingat harga bahan bakar pembangkitan yang semakin mahal, apakah itu batubara, gas ataupun BBM.

"Kenaikan TDL 15% saya pikir tidak berat, jika dibandingkan dengan belanja pulsa telepon setiap bulannya. Bayar listrik per bulan hanya 70 ribu, sementara belanja pulsa bisa mencapai ratusan ribu. Jadi berhemat pulsa, bisa untuk mengurangi beban kenaikan TDL," ujar Nur Pamudji.

Nur Pamudji menambahkan dengan besaran subsidi listrik yang mencapai Rp 80 triliun per tahun, menurutnya, hal itu tidak baik keuangan negara.

"Dengan besaran subsidi tersebut setiap tahun kita sudah bisa bangun infrastruktur, apakah itu rumah sakit, sekolah, jalan raya, irigasi, pabrik dan lain-lain. Hal itu lebih bermanfaat karena menambah lapangan kerja, daripada dikonsumsi habis setiap tahun," kata Nur H Pamudji.

Saat ini mekanisme atau turan kenaikan TDL masih digodok pemerintah, namun diharapkan sampai dengan akhir tahun 2012 selesai. Berdasarkan kajian tersebut kenaikana TDL itu akan dilakukan secara bertahap per bulan atau per 3 bulan sekali, dengan besaran kira-kira 1,5%-4,5%.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.