Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Minggu, 30 Desember 2012

Cegah flu burung, Sidoarjo proteksi unggas luar daerah

Dinas Pertanian Perkebunan dan Pertanian (Disperbuntan) Sidoarjo menyatakan akan memproteksi unggas dari luar daerah. Hal ini dilakukan untuk mencegah virus flu burung masuk ke Sidoarjo.

Kepala Bidang Peternakan Disperbuntan Sidoarjo Bambang Erwanto mengatakan, proteksi unggas dari luar daerah dilakukan di perbatasan masuk Sidoarjo.

"Kita sudah menurunkan petugas untuk mengawasi unggas dari luar daerah yang dikirim ke Sidoarjo," ujar Bambang, di Kantor Disperbuntan, Sidoarjo.

Bambang mengaku, setiap harinya unggas yang masuk ke Sidoarjo antara 30 sampai 70 ribu ekor. Unggas tersebut terdiri dari ayam, bebek dan jenis lainnya itu dikirim dari Blitar, Kediri dan sekitarnya.

Proteksi yang dilakukan Disperbuntan, lanjutnya, juga dengan menyiagakan petugas di beberapa titik tempat pemotongan unggas dan pasar. Jika ada unggas yang sakit, petugas akan mendeteksinya. Bila ada indikasi terserang virus flu burung akan dimusnahkan.

Bukan hanya itu, Disperbuntan juga mensosialisasikan antisipasi virus flu burung ke kantong-kantong peternak unggas. Petugas juga memberi desinfectan ke kawasan peternak unggas.

"Kita juga sudah mengumpulkan kepala desa diberi pengarahan terkait pencegahan virus flu burung. Diharapkan bisa disosialisasikan kepada warga," papar Bambang.

Saat ini populasi unggas di Sidoarjo tak sebanyak daerah Blitar dan daerah lainnya. Kantong peternakan unggas di Sidoarjo berada di Kecamatan Balongbendo, Candi, Buduran, Sukodono dan Tarik.

"Terutama unggas jenis bebek," ucap Bambang.

Sejauh ini, di Sidoarjo belum ada laporan unggas yang terserang flu burung. Meski demikian, Disperbuntan mengantisipasi dengan menggencarkan sosialisasi pencegahan virus  flu burung.

Sementara itu, imbas dari virus flu burung yang menyerang unggas di Tulungagung membuat permintaan unggas menurun. Hal ini bisa dilihat dari beberapa penjual daging ayam di beberapa pasar.

"Beberapa hari ini permintaan daging ayam menurun. Pelanggan saya takut flu burung," ujar seorang pedagang ayam di kawasan Bluru Sidoarjo dan sekitarnya.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.