Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Kamis, 27 Desember 2012

SNMPTN 2013 Gratis tanpa Tes Tulis

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2013
Beberapa hari yang lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengumumkan bahwa SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2013 akan dilaksanakan tanpa adanya tes tulis seperti tahun-tahun  sebelumnya. Serta, dibebaskannya biaya pendaftaran bagi seluruh peserta SNMPTN.  Kata M.Nuh (menteri Pendidikan dan Kebudayaan), penghapusan biaya SNMPTN ini merupakan amanat undang-undang yang harus direalisasikan. Selain itu, ini merupakan tekad kami untuk memberikan akses seluas-luasnya kepada para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.
Dalam SNMPTN 2013, 61 PTN akan menerapkan 60 persen mahasiswa baru dari total kuota keseluruhan di setiap Universitas Negeri akan diterima melalui jalur undangan. Pendaftarannya SNMPTN dibuka pada 1 Februari-8 Maret dan dilanjutkan dengan proses seleksi pada 9 Maret-27 Mei. Hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Mei 2013.

Prinsip Seleksi SNMPTN 2013 adalah sebagai berikut :

  • Seleksi dilakukan untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya serta hasil ujian nasional.

  • Seleksi dilaksanakan dengan memperhatikan kinerja sekolah.

  • Seleksi dilaksanakan secara objektif, adil, dan akuntabeldengan menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh PTN masing-masing.

  • Hasil seleksi tidak harus memenuhi daya tampung apabila pelamar tidak memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.
Berarti mekanisme SNPMTN tahun 2013 sama dengan mekanisme SNMPTN 2012 jalur undangan.
Apa saja persyaratan bagi siswa yang mau mendaftar SNMPTN tahun 2013 ?
  • Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2013.

  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS.

  • Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.

  • Memiliki prestasi akademik di sekolah pada semua semester.

  • Lulus dari Ujian Nasional dan Satuan Pendidikan.

Bagaimana dengan lulusan yang bukan tahun 2013?
Yang ini saya kurang begitu paham karena tidak ada penjelasan khusus dari Mendikbudnya sendiri, tapi menurut saya bagi yang bukan lulusan tahun 2013 bisa mengikuti ujian tulis tapi biaya pendaftaran ditanggung sendiri. Ada dua jalur lagi penerimaan mahasiswa baru di PTN tahun 2013 yang mungkin bisa jadi solusi bagi mereka yang bukan lulusan tahun 2013.
1. SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri) kalau dulu bisa dibilang UMB, yang merupakan kerja sama beberapa universitas negeri yang ada di Indonesia. Mekanisme penerimaannya melalui ujian tertulis atau keterampilan dan biaya pendaftaran ditanggung peserta.
2. Seleksi Mandiri, sama seperti tahun kemarin dilakukan sepenuhnya oleh pihak uinversitas dan biaya pendaftaran ditanggung oleh peserta.
Menurut saya, disalah satu sisi SNMPTN 2013 tanpa ujian tulis terkadang bisa membuat pihak sekolah curang dalam memanipulasi nilai (rapor) siswanya agar banyak siswa sekolah mereka yang masuk PTN karena menjadi kebanggaan tersendiri bagi sekolah jika banyak siswanya yang diterima di PTN. Namun disisi lain, digratiskannya biaya pendaftaran SNMPTN diharapkan mampu meningkatkan minat siswa untuk dapat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi terutama bagi masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.