Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Rabu, 19 Desember 2012

Tingkat Konsumsi Ikan di Sidoarjo Rendah

Meski dikenal sebagai kota ikan, ternyata tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Sidoarjo masih rendah dibandingkan dengan tingkat konsumsi nasional yakni 27 kilogram perkapita pertahun, sedangkan secara nasional mencapai 35 kilogram perkapita pertahun.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Sidoarjo, Muhammad Sholeh, Selasa (18/12), mengatakan, rendahnya konsumsi ikan di Sidoarjo ini salah satunya disebabkan masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk makan ikan.

"Oleh karena itu, kami akan terus menggalakkan dan terus menyosialisasikan kesadaran gemar makan ikan supaya bisa memenuhi tingkat konsumsi makan ikan secara nasional," katanya.

Saat sosialisasi Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) dan Gebyar Gemar Makan Ikan di Pendopo Delta Nugraha Kabupaten Sidoarjo, ia mengemukakan, sosialisasi dilaksanakan dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat.

"Dinas perikanan dan kelautan memiliki peran yang strategis dalam menyosialisasikan serta memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang manfaat ikan sebagai sumber pangan yang bergizi, menyehatkan, mencerdaskan dan aman dikonsumsi," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, melalui peningkatan konsumsi ikan akan berdampak langsung pada penyediaan lapangan kerja (padat karya), sumber devisa negara serta peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya para nelayan, pembudidaya dan pengolah hasil perikanan.

Pada kesempatan yang sama, Anik Saiful Ilah yang juga Ketua Forikan Kabupaten Sidoarjo menyampaikan apresiasi dengan kegiatan sosialisasi gemar ikan ini, sebab Sidoarjo merupakah salah satu daerah yang memiliki potensi sumber daya perikanan dan kelautan yang cukup besar.

"Pembangunan bidang perikanan ini tentunya atas peran aktif para nelayan, pembudidaya perikanan, serta pelaku usaha produksi dan pengolah ikan," katanya.

Menurut dia, sosialisasi gemar ikan ini dilakukan dalam upaya meningkatkan konsumsi makan ikan bagi masyarakat Sidoarjo dan menyehatkan masyarakat.

Selain itu, juga untuk menggugah masyarakat agar meningkatkan konsumsi ikan dalam rangka menyukseskan program nasional Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan.

"Dengan gerakan seperti ini diharapkan warga masyarakat, khususnya yang ada di Kabupaten Sidoarjo bisa meningkatkan konsumsi makan ikan setiap harinya," katanya.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.