Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Kamis, 10 Januari 2013

Bubble Baru Lapindo di Candipari Porong Sidoarjo Belum Tertangani

SIDOARJO – Selama kurang lebih satu tahun, ratusan warga RT 1/RW 1 Desa Candipari, Kecamatan Porong, hidup dalam keadaan membahayakan.
Di kawasan ini, muncul ratusan bubble (gelembung) gas yang mudah terbakar. Semburan gas itu diduga dampak dari keberadaan sumur gas milik PT Lapindo Brantas Inc yang hanya berjarak tak lebih dari satu kilometer dari pemukiman warga.
DITUTUP: Demi keamanan warga menutup
bubble dengan semen.
Semburan gas liar yang berada di kawasan itu hampir merata. Ada yang tekanannya besar dan langsung menyala saat disulut api. Ada pula yang muncul di saluran air dan sungai setempat yang terlihat seperti air mendidih.
“Sebetulnya kami sudah minta Lapindo bertanggung jawab dan menanggulangi semburan gas liar yang bisa membahayakan nyawa kami sewaktu-waktu ini. Namun, hingga saat ini warga hanya diberi air bersih dan dibuatkan plengsengan,” ungkap Ahmad Nur Sai, warga setempat.
Ia mempertanyakan jaminan dari Lapindo jika terjadi kondisi yang tidak diinginkan warga.
“Jika sewaktu-waktu gas terbakar dan membahayakan warga, apa jaminannya?” terusnya. Ahmad menambahkan, warga sebetulnya sudah tidak betah tinggal di kawasan yang dikepung semburan gas liar.
Namun, mereka tetap bertahan karena berpikiran bahwa tanah yang ditempati adalah miliknya. “Selain itu kami tidak mempunyai uang untuk pindah,” imbuhnya.
Semburan gas liar yang muncul tersebut semakin terlihat saat ada air yang menggenang setelah hujan. Warga berharap, pihak PT Lapindo Brantas Inc segera melakukan penanganan untuk menghentikan semburan gas liar itu.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.