Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Sabtu, 19 Januari 2013

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Ajak Pejabat Rame-rame Nyapu Jalan

Ada yang lain dari Program Sidoarjo Bersih Hijau (SBH) yang digagas Dinas Kebersihan Dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Sidoarjo, Jumat (18/1) pekan ini mengambil lokasi di pasar Larangan Kecamatan Candi.

Seperti pelaksanaan program pekan sebelumnya, SBH ini mempromosikan gerakan kebersihan dan penghijauan kepada seluruh masyarakat Sidoarjo.

Namun yang membuat beda, untuk pelaksanaan SBH di pasar Larangan ini, Bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah SH.MHum, wakil Bupati Sidoarjo H.MG Hadi Sutjipto, Kapolres Sidoarjo AKBP Drs Marjuki, Kasdim o816 Sidoarjo, Sekda Kabupaten Sidoarjo Drs Vino R.Muntiawan bersama pejabat SKPD Kabupaten Sidoarjo, bersama-sama membersihkan jalan setapak di sisi timur Ruko tengah Pasar larangan.

Dengan membawa sapu lidi, seluruh pejabat ini terlihat semangat menyapu dan membersihkan sampah kering yang berserakan dibadan jalan setapak.

“Ayo semangat, nyapu-nyapu pagi biar badan sehat,” ujar bupati.

Kapolres Sidoarjo AKBP Marjuki yang berada di belakang bupati tidak mau kalah, sambil membawa sapu lidi juga, Kapolres berdiri di sebelah bupati dan langsung turut menyapu sampah.

“Jarang-jarang Kapolres ikut nyapu-nyapu ini,” tutur kapolres sambil tersenyum.

Wakil Bupati Sidoarjo H.MG Hadi Sutjipto mengatakan bahwa perkembangan pemukiman di Kabupaten Sidoarjo yang cukup pesat, menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat luar untuk singgah maupun menetap di Kabupaten Sidoarjo. Dari arus urbanisasi yang berdampak pada pertumbuhan penduduk Sidoarjo yang cukup tinggi, menjadi salah satu faktor meningkatnya volume sampah yang ada.

Untuk itu, upaya Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam menghadapi permasalahan sampah ujar Wakil Bupati Sidoarjo H.MG Hadi Sutjipto, salah satunya adalah dengan menyelenggarakan kegiatan SBH Semakin Sehat. Dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut lanjut pria yang akrab di panggil Pak Tjip itu, nantinya akan tertanam tata nilai dan budaya hidup bersih yang sehat.

Wakil Bupati Sidoarjo H.MG Hadi Sutjipto berharap dengan kegiatan tersebut nantinya yang pertama, ada gerakan bersama kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan. Kedua timbulnya motivasi dan partisipasi sehingga muncul motivator baru dalam kebersihan lingkungan. Dan yang terakhir adalah dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pengelolaan sampah berbasis masyarakat, 3 R ( Reduce, Reuse, Recycle ).

"Dengan Sidoarjo Bersih Hijau diharapkan dapat membangkitkan semangat seluruh warga masyarakat untuk merubah prilaku masyarakat guna mendukung dan berpartisipasi dalam pembangunan sektor kebersihan lingkungan dan penghijauan," ujarnya.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan bahwa penanaman prilaku masyarakat terhadap kebersihan lingkungan dan penghijauan, mendukung keberhasilan dan percepatan dalam dinamika pembangunan.

”Hanya manusia yang punya keinginan hidup tertib, bersih, dan lingkungan yang sehat saja yang akan dapat menjadi pelaksana pembangunan yang baik, terutama masyarakat yang memiliki budaya yang menginginkan lingkungannya bersih dan hijau yang mampu mendukung pembangunan lingkungan sebagai tempat tinggal dalam mencukupi kebutuhan hidupnya bersama anggota keluarganya,” tegasnya.

Sementara itu M Syafiq selaku Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Sidoarjo menegaskan, tujuan utama dari pelaksanaan SBH ini, untuk memberikan semangat kepada masyarakat untuk turut aktif dalam menjaga kebersihan lingkungannya.

Dengan begitu, keinginan untuk menjadikan Kabupaten Sidoarjo semakin hijau, akan bisa terlaksana dengan maksimal.

“Pokoknya kita ingin menjaga Kabupaten Sidoarjo ini tetap hijau dan bersih dengan program SBH ini,” tutu Syafiq.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Sidoarjo, M Syafiq mengungkapkan keinginannya melalui program SBH Semakin Sehat ini bisa memberikan sumbangsih kepada Kabupaten Kota Delta.

“Kegiatan ini dalam rangka mensukseskan Sidoarjo agar semakin maju. Selain itu agar Sidoarjo bisa semakin banyak mendapat penghargaan dalam bidang kebersihan lingkungan,” katanya.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.