Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Kamis, 10 Januari 2013

Kinerja Buruk PDAM Delta Tirta Sidoarjo disoroti DPRD Sidoarjo

SIDOARJO – Kinerja PDAM Delta Tirta Sidoarjo selama ini sering dikeluhkan pelanggannya. Sebab, pelayanan dirasa buruk. Mulai air yang keruh, debit yang kecil, dan air keluar hanya saat malam.
Kalangan DPRD Sidoarjo pun menyoroti lagi masalah tersebut. Mereka mempertanyakan kinerja dan keberadaan Dewan Pengawas PDAM.
Ketua Komisi B (Bidang Ekonomi dan Aset) DPRD Sidoarjo , Moch. Agil Efendi.
Ketua Komisi B (bidang ekonomi dan aset) DPRD Sidoarjo Moch. Agil Efendi menyatakan, dewan pengawas sangat penting untuk memantau kinerja PDAM.
”Itu sesuai dengan Permendagri Nomor 2 Tahun 2007 yang mengatur organ dan kepegawaian PDAM agar kinerjanya lebih meningkat,’’ katanya.
Dia mengungkapkan, dewan pengawas juga bisa memberikan masukan serta keluhan bagi PDAM. Sebab, keanggotaan mereka melibatkan unsur masyarakat.
’’Dengan demikian, bisa cepat bertindak jika ada keluhan,’’ kata legislator Demokrat itu. Anggota Komisi B Tarkit Erdianto menuturkan, jika tidak ada dewan pengawas, tentu dewan sangat sulit memantau.
Sebab, untuk mengawasi kinerja PDAM, dewan hanya mengandalkan laporan masyarakat. ’’Salah satu tugas dewan pengawas adalah menilai kinerja PDAM,’’ ujarnya.
Legislator PDIP tersebut menuturkan, karena tidak adanya dewan pengawas, dampaknya sangat terasa. Dia mencontohkan, ketika hearing dengan PDAM, ternyata diketahui tingkat cakupan dan tingkat kehilangan air (TKA) masih besar.
’’Cakupan masih 30 persen, sedangkan TKA 31 persen,’’ jelasnya. Sementara itu, Direktur Umum PDAM Abdul Basith Lao menolak anggapan bahwa kursi dewan pengawas kosong. Dia menegaskan, selama ini sudah ada dewan pengawas.
’’Cuma, masuknya tidak setiap hari. Hanya Selasa dan Jumat,’’ tuturnya.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.