Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Senin, 28 Januari 2013

Lelang Badeng Kawak Meriahkan Hari Jadi Sidoarjo

SIDOARJO (kabarsidoarjo.com)- Perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang juga menyongsong hari jadi Kabupaten Sidoarjo ke 154 tahun, dimeriahkan dengan lelang bandeng kawak tradisional yang digelar oleh Dinas Perikanan dan Kelautan, Sabtu (26/1/2013).
SERAHKAN PIALA: Bupati Sidoarjo Saiful Ilah bersama parapemenang lelang bandeng di alun-alun Sidoarjo
SERAHKAN PIALA: Bupati Sidoarjo Saiful Ilah bersama para pemenang lelang bandeng di alun-alun Sidoarjo
Lelang ini diikuti oleh empat petambak masing-masing Dr H Fatih Ilmawan asal Serujo Sidoarjo dengan berat bandeng 6,26 kg, panjang bandeng 82 cm, lebar 19 cm usia 7 tahun.
Bandeng kedua milik H Sultoni warga Perumahan Magersari Sidoarjo budidaya bandengnya dari Tambak Kali Kajang Desa Gebang Sidoarjo berat bandengnya 8,48 kg, panjang 93 cm, lebar 20 cm usia 9 Tahun.
Bandeng ketiga milik H Saiful Bahri Sekardangan I/I Sidoarjo bandengnya dari Tambak Sekardangan dengan panjang 86,5 cm lebar 20,5 berat 7,22 kg, umur bandeng 8 tahun.
Bandeng yang terakhir milik HM Wachrul Yusuf warga Bukit Kismadani II/23 Bluru Kidul asal bandeng dari Tambak  Desa Sekardangan yang berumur 9 Tahun, lebar bandeng 21 cm, panjang 91,5 cm, dan berat bandeng 8,07 kilogram.
Setelah dilakukan penimbangan baik itu berat, lebar, panjang dan usia bandeng, bandeng kawak juara I diperoleh bandeng milik H Sultoni, juara II bandeng milik Wachrul Yusuf, juara III bandeng H Saiful Bahri dan juara terakhir atau ke IV dimiliki bandeng milik H Fatih.
Asisten II Pembangunan dan Perekonomian Pemkab Sidoarjo Muslikh Yasin menyatakan kegiatan ini sekaligus menggalakkan pariwisata perikanan di Sidoarjo.
Muslikh juga berharap, kegiatan ini harus dipertahankan, mengingat bandeng Sidoarjo ini bandeng yang paling dikenal di Indonesia.
“Ciri khas bandeng Sidoarjo itu beda dengan daerah lainnya. Yakni bibirnya bergincu atau merah, tidak bau tanah dan bentuk tubuh terpedo atau ideal,” terangnya.
Sementara itu Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Ir.M.Sholeh ditemui selepas timbang bandeng  menegaskan, Iven tahunan ini kembali digelar, untuk memberikan semangat bagi petani tambak, sekaligus sebagai tradisi tahunan Kabupaten Sidoarjo.
‘Even ini harus kita bangkitkan, sebab sudah menjadi tradisi masyarakat Kabupaten Sidoarjo sejak dulu,’’ kata Sholeh.
Dengan even ini, lanjut Sholeh, juga untuk membina para petani tambak untuk melestarikan even tersebut.
“Termasuk juga untuk menghimpun dana sosial kemasyarakatan,” ungkap Sholeh.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.