Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Selasa, 29 Januari 2013

Lelang Bandeng Kawak Kabupaten Sidoarjo Banyak Peminat

Sidoarjo- Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1434 Hijriyah yang secara kebetulan moment ini bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo yang ke-154 Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menggelar acara Lelang Bandeng Kawak Sabtu malam (26/1) di Alun – alun Sidoarjo.

Acara lelang bandeng kawak dengan leading sector dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Sidoarjo ini yang dibuka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.HUM diikuti oleh para pengusaha Kabupaten Sidoarjo. Mereka sangat antusias mengikuti penawaran lelang bandeng kawak.

Ada empat ekor bandeng kawak yang dilelang pada malam kemarin, yang merupakan hasil dari penimbangan bandeng kawak. Bandeng kawak yang dilelang adalah milik dari H. Sultoni dari tambak Kali kajeng Desa Gebang umur bandeng kawaknya 9 tahun, berat 8,43 kg, panjang 93 cm dan lebar 20 cm berhasil menjadi juara pertama.

Juara kedua diraih oleh HM. Wachrul Yusuf dari Salembang Desa Sekardangan umur bandeng 9 tahun, berat 8,07, panjang 91,5 dan lebar 21 cm, juara ketiga bandeng milik H. H. Saiful Bachri dari Kamira Desa Sekardangan umur bandeng 8 tahun, berat 7,22 kg, panjang 86,5 cm dan lebar 20,5 cm. Dan juara keempat diraih oleh dr. M. Fatih Ilmawan dengan umur bandeng 7 tahun, berat 6,26 kg, panjang 82 cm dan lebar 19 cm.

Penawaran lelang pertama kali oleh Bupati Sidoarjo sebesar Rp. 5 juta dilanjutkan dengan Wakil Bupati Sidoarjo sebesar Rp. 2,5 juta dan Sekertaris Daerah sebesar Rp. 1 juta.

Dari pelelangan keempat bandeng kawak tersebut dana yang terkumpul menembus angka Rp. 478 juta dimenangkan oleh Ketua Majelis Pengurus Cabang Pemuda Pancasila H. Mursidi dengan penawaran lelang tertinggi yakni Rp. 111 juta.

Pemenang lelang kedua CV. Hasta Praja Tama dengan penawaran Rp. 105 juta, pemenang ketiga PT AMJ Mitra Jasindo dengan penawaran Rp. 100 juta, dan pemenang lelang terakhir dari Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (AKLI) dengan penawaran Rp. 35 juta.

Hasil lelang ini akan digunakan untuk pembangunan masjid, mushola, anak yatim, anak berkebutuhan khusus dan keluarga miskin.

Asisten Pembangunan dan Perekonomian Drs. Muslik Yasin menjelaskan bahwa kegiatan lelang bandeng kawak ini sempat vakum beberapa tahun karena adanya bencana lumpur lapindo dan kini mulai dihidupkan kembali.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan lelang bandeng ini sudah menjadi tradisi bagi masyarakat petani tambak Sidoarjo. Kegitan ini harus terus dilestarikan sebagai budaya di Kabupaten Sidoarjo.

“Diharapkan kegiatan lelang bandeng ini bisa membangkitkan motivasi petani tambak lainnya agar lebig meningkatkan hasil ikan bandengnya,” jelas Saiful.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.