Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Sabtu, 19 Januari 2013

Pemprov Jatim akan Launching Mobil Nasional

Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam waktu dekat akan melaunching mobil listrik nasional. Launching ini rencananya akan dilakukan di salah satu perusahaan yang bedomisili di Kabupaten Gresik Jawa Timur. Mobil nasional ini adalah mobil listrik buatan Indonesia.

Informasi yang berkembang dilingkungan Pemprov Jatim, mobil listrik ini akan diproduksi secara nasional. Pertanda ini cukup kuat, saat kemarin, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mewakili Pemprov Jatim mengajak sejumlah pengusaha besi dan baja dari Busan untuk berinvestasi di Jatim. Ajakan tersebut disampaikannya ketika menerima rombongan Walikota Busan, Korea Selatan, Mr. Hur Nam Sik di Ruang Kerja Wakil Gubernur, Jalan Pahlawan 110 Surabaya, Jumat (18/1).

Menurutnya, selama ini, Jatim masih mengimpor besi dan baja dari Busan, Korea Selatan. Besi dan baja banyak digunakan untuk keperluan sparepart otomotif. Agar suplai besi baja didapat mudah, Wagub mengajak Walikota Busan untuk berinvestasi di Jatim. “Daripada mengimpor jauh dari Busan ke Indonesia, alangkah baiknya kalau pengusaha besi dan baja Busan untuk berinvestasi di Jatim dengan membangun pabriknya disini,” ucapnya.

Gus Ipul sapaan akrab Wagub Jatim itu menuturkan, lebih efisien bila pabrik besi dan baja dibangun dengan dana investasi Pengusaha Busan. Pemprov pasti akan memberi banyak kemudahan dalam penanaman investasi di Jatim.

Sepuluh tahun terakhir, jelas Gus ipul, nilai investasi Korea Selatan dengan Jatim telah mencapai US$ 773 Juta. Dari segi perusahaan, terdapat sekitar 260 Perusahaan Korea yang telah menanamkan investasinya dari berbagai sektor di Jatim, misalnya otomotif, food industry (industri makanan), sepatu dan kulit logam, mesin dan elektronik, jasa perdagangan, industri kayu, serta alat musik.

Untuk meyakinkan rombongan dari Busan ini, Gus Ipul mencontohkan beberapa perusahaan Korea Selatan yang menanamkan investasi di Jatim seperti Cheil Jedang, Mi Won, dan Se Won. “Beberapa perusahaan besar dari Korea Selatan menanamkan investasinya di Jatim cukup besar. Itu menandakan Jatim dalam menyambut investor asing cukup bagus. Oleh sebab itu, tidak salah apabila para pengusaha di Busan diboyong untuk berinvestasi ke Jatim,” tegasnya.

Sebagai informasi, dalam empat tahun terakhir, berdasarkan izin prinsip, investasi Korea Selatan menduduki urutan ke-9 dari 31 negara yang berinvestasi di Jatim dengan total investasi sebesar US$ 155.150.000. Berikut rincian investasi, pada tahun 2009 sebesar US$ 10.638.000 , tahun 2010 sebesar US4 31.506.000, tahun 2011 sebesar US$ 56.128.000, tahun 2012 sebesar US$ 56.878.000. dari angka tersebut, sanggup menyerap tenaga kerja sebanyak 15.747 orang dengan penyebaran lokasi yang paling diminati yaitu : Kota Surabaya, Kab. Mojokerto, Kab. Gresik, Kab. Pasuruan, Kab. Sidoarjo, Kab. Kediri, Kab. Malang dan Kab. Sumenep.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.