Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Jumat, 04 Januari 2013

TNI Bantu Perbaiki Rumah Korban Puting Beliung di Desa Kalijaten Taman Sidoarjo

SIDOARJO-Sekitar 16 anggota Koramil Taman, diterjunkan ke lapangan. Mereka, membantu puluhan kepala keluarga yang rumahnya terkena musibah puting beliung jelang tahun baru lalu.
MANUNGGAL: Beberapa anggota Koramil Taman sedang melakukan renovasi rumah Amir.
Dari 24 rumah yang terkena musibah, dua diantaranya cukup parah. Bukan saja seluruh atapnya disapu angin puting beliung, tetapi temboknya juga roboh.
“Saat ini anggota masih konsentrasi untuk memperbaiki rumah milik Pak Amir, di RT 23 RW 3, Dusun Kalibader, Desa Kalijaten,” kata Komandan Rayon Militer (Dan Ramil) Taman, Kapten Arh. Puji Wihardi. Menurut Puji, kerusakan rumah Amir ( 28) sekitar 90 persen.
Sebab dinding belakang rumah ukuran 3 x 7 tersebut ambrol. Atap diterbangkan angin, dan menyisakan dinding depan setinggi satu meter. “Kami bantu tenaga gratis, dan materil secukupnya agar beban korban tidak terlalu berat, karena perkiraan kerugian Rp 25 juta,” katanya.
Sedangkan satu rumah lainnya, milik Sumarni (50),  di wilayah RT 22 RW 3. “Perkiraan kerugian Rp 40 juta. Tetapi belum kita kerahkan anggota ke sana karena pemiliknya belum bisa dihubungi karena masih tinggal di wilayah Bebekan.”
Diterjunkannya anggota itu, kata Puji merupakan bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat. Sekaligus realisasi dari undang undang TNI 34 tahun 2004 pasal 7 mengenai operasi militer selain perang (OMSP) tentang penanggulangan bencana, pengungsi, dan pemberian bantuan kemanusiaan. Kepala Kelurahan Kalijaten, Aunur  Roji menilai keterlibatan TNI dalam membantu warganya, akan bisa meringankan beban.
“Meski biaya harus ditanggung oleh tuan rumah, tetapi kegiatan perbaikan tidak sampai menganggu aktivitasnya. Sedangkanm untuk 22 korban lainnya, alhamdulillah hanya mengalami kerusakan pada bagian  atap dan nilai kerugian hanya ratusan ribu,” katanya.
Sementara itu, Safin (31) istri dari Amir berharap agar pengerjaan rumahnya bisa cepat selesai. Dengan begitu, bisa ditempati kembali. “Sejak kejadian itu saya mengungsi ke rumah tetangga,” kata ibu dua anak yang selamat saat putting beliung memporakporandakan rumahnya itu.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.