Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Jumat, 01 Februari 2013

Tarik Wisatawan, Gali Potensi Wisata Religi Sidoarjo

SIDOARJO – Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Delta, Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporbudpar) Kabupaten Sidoarjo bakal menggali potensi wisata.
Salah satunya makam Dewi Sekardadu sebagai obyek wisata religi.
Makam Dewi Sekar Dadu
Makam Dewi Sekar Dadu
Di makam di Dusun Kepetingan, Desa Sawohan, Kecamatan Buduran ini, kerap menjadi jujukan wisatawan, meski mereka wisatawan lokal.
Di antaranya dari Malang, Kediri, Mojokerto dan sebagainya. “Ini akan kita kembangkan. Dewi Sekardadu ini kan dalam sejarahnya adalah ibunya Sunan Giri, Gresik,” ungkap Kepala Disporbudpar Pramu Sigit Priyandono.
Selain itu, potensi wisata religi lain yang akan digarap adalah makam Mbah Ud, di Pagerwojo.
Banyaknya peziarah yang datang, membuat dua makam ini menjadi potensi wisata tersendiri.
Selain itu, nantinya akan ada makam lain yang kini masih ditelusuri. “Ada makam-makam lain, seperti di Krian, dan Taman, konon di sana juga ada makam ulama zaman kerajaan Majapahit, tetapi itu masih akan kami telusuri,” katanya.
Ia menjelaskan salah satu kendala yang masih dicari solusi adalah letak makam berada di perkampungan padat penduduk. Ini menyebabkan kendaraan besar seperti bus kesulitan masuk.
Padahal umumnya, para peziarah datang secara berombongan.
Sementara itu, Pramu Sigit juga mengunggulkan Pulau Sarinah, yakni pulau bentukan Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS).
Terbuat dari lumpur seluas 82 hektar, yang berjarak sekitar 30 menit dari desa Tlocor, Jabon.
“Di Tlocor sudah ada dermaganya. Akses ke Tlocor pun sudah dibangun. Kalau boleh bermimpi, di sana bisa dibuat seperti Muara Karang, Jakarta,” katanya.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.