Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Jumat, 01 Februari 2013

Akan Dibangun Sentra PKL di Jl.Gajahmada Sidoarjo

SIDOARJO – Salah satu persoalan yang hampir terjadi di semua kota adalah penataan Pedagang Kaki Lima (PKL). Pemkab Sidoarjo berencana membangun sentra PKL sebagai salah satu solusi persoalan ini.
pkl
PKL Kuasai Trotoar di Jl Gajah Mada
Tahun ini, sentra PKL itu akan dibangun di Jl Gajah Mada. Lahan yang dipilih untuk pembangunan tersebut adalah eks TK Dharmawanita, MTs Negeri, dan Madrasah Aliyah (MA) Negeri seluas 2000 meter persegi di jalan yang sama.
Sekarang ini, beberapa infrastruktur telah disiapkan seperti taman, saluran pembuangan, toilet, dan pos penjagaan. “Lahan bekas sekolah itu sudah lama kosong.
Rencananya akan dibuat sentra PKL,” ungkap Kepala Bidang Tata Bangunan, Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang, Kabupaten Sidoarjo, Ir Yudhi Kartikawan MT. Konsep yang diusung adalah menata PKL yang ada di kawasan itu.
Rencananya, setelah sentra PKL selesai dibangun, para PKL di kawasan Jl Gajahmada akan dipindahkan atau direlokasi.
Hal tersebut bertujuan agar Jl Gajah Mada yang berstatus arteri primer bisa lebih lengang, bebas dari PKL. “Rencananya dua lantai. Yang bawah untuk kuliner dan yang atas non-kuliner. Tetapi itu masih kami kaji lebih jauh. Jangan sampai meski berada di lokasi yang strategis, tetapi justru tidak ada peminatnya,” papar Yudhi.
Saat ini lahan eks sekolahan itu masih tertutup. Maksudnya, hanya ada pintu yang cukup untuk satu mobil.
Nantinya pagar akan dibuka sehingga tampak luas. “Lokasinya memang strategis. Karena itu pagar yang ada juga akan dibongkar sekalian, ”terus Yudhi. Ditanya lahan parkir, pejabat ini menjelaskan hal itu masih dalam pembahasan dengan dinas terkait, seperti Dinas Perhubungan dan Dinas PU Bina Marga.
“Rencana ini memang belum 100 persen tuntas, masih banyak yang harus dibahas, misalnya tentang penataan kawasan sekitar itu,” tambah dia.
Dalam pembahasan itu, lanjutnya, juga masih membicarakan siapa yang nantinya akan mengelola sentra PKL. “Apakah pihak ketiga atau bagaimana, apa keuntungan dan kekurangannya, masih terus dikaji,” katanya kembali.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.