Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Selasa, 03 Juli 2012

Labfor Kumpulkan Bukti Kebakaran Pasar Krian Sidoarjo

Kebakaran hebat yang menghanguskan ratusan kios di Pasar Lama Krian, mulai diselidiki. Tim Labfor Polri, kemarin (2/7), turun ke lokasi untuk mencari tahu penyebab kebakaran pada Minggu (1/7) dini hari tersebut.
SEPI: Suasana Pasar Baru Krian yang masih sepi. Belum dipastikan apakah pedagang Pasar Lama Krian akan direlokasi di sini.
Pemeriksaan TKP oleh Tim Labfor dipusatkan di titik api, yaitu kios semi permanen di pojok pasar  tepat di belakang Ramayana Krian. Deretan toko di sana kebanyakan menjual jilbab dan pakaian dalam.
Olah TKP dilakukan selama dua jam. Kegiatannya meliputi pencarian data, menggali informasi dari para saksi mata, mengumpulkan bukti-bukti kebakaran, serta mengambil gambar.
Kapolsek Krian Kompol Ahmad Soleh yang mendampingi Tim Labfor mengatakan, ada beberapa barang bukti yang telah diambil untuk dipelajari. Namun, bukan berarti penyebab utama kebakaran langsung diketahui.
“Apa ada unsur sabotase atau murni kebakaran karena korsleting listrik atau apa, belum bisa diketahui,” katanya.  Sementara itu, para pedagang mendesak pemerintah memerhatikan nasib mereka agar bisa kembali berdagang.
Mereka menuntut  tetap bisa berjualan agar nafkah untuk keluarga tetap terpenuhi.
“Kami berharap pemerintah segera membangun pasar sehabis kebakaran ini,” ujar Fredy, pemilik toko sepatu. Sampai kemarin, para pedagang belum tahu akan kembali berjualan di mana. Beberapa pedagang yang bisa menyelamatkan barangnya mencoba berjualan di sekitar lokasi.
Alasannya, tidak mau kehilangan  pelanggan. “Ini menjelang masuk sekolah, jadi harus berjualan. Kalau tidak berjualan lalu kami ini mau makan apa,” ujar Yatiman, pedagang buku tulis.
Sebagian pedagang lainnya kemarin mulai melakukan bersih-bersih  kios. Beberapa mengaku masih tidak percaya semua dagangan habis dilalap api dalam satu malam.
Karyawan-karyawan toko ikut prihatin. Hari ini (3/7), rencananya Komisi C DPRD Sidoarjo dan Dinas Pasar akan meninjau lokasi. Mereka juga akan mendiskusikan solusi untuk merelokasi para pedagang, sambil membangun kembali Pasar Lama Krian.
“Kami bersama Dinas Pasar rencananya akan ke lokasi. Semoga segera ada solusi konkrit untuk pedagang yang kena musibah kebakaran,” ujar Nur Ahmad Syaifuddin, Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo.

0 comments:

Posting Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Powered By Blogger
Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.