Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Senin, 09 Juli 2012

PMI Cabang Sidoarjo Jemput Bola Cari Donor

Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Sidoarjo turun ke jalan kemarin (4/7). Dengan menggunakan sebuah bus, petugas PMI berkeliling Kota Sidoarjo mencari donor.
Bus itu merupakan bantuan Pemkab Sidoarjo. Langkah jemput bola PMI itu terbukti cukup efektif. Berkeliling sejak pukul 09.00 hingga pukul 16.00, petugas
MOBIL BARU: Petugas mengambil darah.
berhasil mengumpulkan 54 kantong darah.
”Bus ini bisa meringankan dan membantu tugas dalam mencari donor,” ujar Koordinator PMI Sidoarjo Ade Erma. Stok darah di PMI Sidoarjo menipis. Kemarin tercatat ada 276 kantong darah. Jumlah itu terdiri atas golongan A sebanyak 84 kantong, golongan B (130 kantong), dan golongan O (58 kantong).
Sedangkan golongan AB hanya empat kantong. ”Dalam sehari bisa 20 hingga 30 kantong darah yang keluar,” sambungnya. Meski terus berupaya mencari donor, petugas tetap mengutamakan faktor higienis dan kebersihan.
Mereka terlebih dahulu memeriksa donor. Mulai tekanan darah, berat badan, hingga kondisi kesehatan lain. Penyaringan darah juga dilakukan dengan pemeriksaan khusus yang bernama screening.
Proses ini bertujuan mengantisipasi penyebaran penyakit. ”Semuanya kami lakukan di dalam mobil, sehingga praktis,” imbuhnya. Penyakit, kata dia, yang paling sering ditemukan ialah hepatitis B, hepatitis C, dan sifilis.
Nah, dari hasil screening akan diketahui kondisi darah donor. Jika sehat, darahnya bisa ditransfusikan kepada yang membutuhkan.

0 comments:

Posting Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Powered By Blogger
Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.