Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Jumat, 28 September 2012

Bupati Sidoarjo Kunjungi Jinan, Tiongkok, dalam rangka mempererat sister city

Pemkab Sidoarjo terus meningkatkan kerja sama dengan Pemkot Jinan, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), dalam rangka sister city.
KERJA SAMA: Bupati Saiful Ilah (duduk kiri) bersama Wali Kota Jinan, Yang Luyu, saat meneken nota kesepahaman
Kerja sama itu meliputi berbagai bidang. Mulai dari perdagangan dan investasi, ilmu pengetahuan dan teknologi, kesehatan, pariwisata dan kebudayaan, pendidikan,  hingga olahraga.
Nota kesepahaman itu ditandatangani antara Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dan Wali Kota Jinan, Yang Luyu, di kota Jinan, Provinsi Shandong, China, Jum’at (21/9) lalu.
Selanjutnya, kedua pemimpin yang menjalin kerja sama ‘kota kembar’ itu bakal segera mengimplementasikan nota kesepahaman tersebut di wilayahnya masingmasing.
”Dalam nota kesepahaman itu, salah satunya untuk meningkatkan hubungan persahabatan dan mempermudah pengembangan kerja sama yang saling menguntungkan antara masyarakat dan institusi kedua pemerintah baik Sidoarjo maupun Jinan,” terang Kabag Kerjasama Setdakab Sidoarjo, Ari Suryono, kemarin (27/9).
Lebih jauh dikatakan, penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan sebagai salah satu agenda penting dalam lokakarya bertajuk ‘Kota Kembar Internasional Jinan; Pertukaran Kebudayaan dan Pengembangan Sumber Daya Air,’ yang digelar Pemkot Jinan pada 21-23 September lalu.
Dalam lokakarya itu, sebanyak 240 orang yang mewakili 15 kota dari 14 negara hadir. Selain dengan Sidoarjo, kerja sama ‘kota kembar’ internasional itu juga digalang Pemkot Jinan dengan para pemim pin dari kota-kota lain dari seluruh dunia.
Antara lain dari Kota Kutna Hora (Ceko), Vantaa (Finlandia), Rennes (Perancis), Augsburg (Jerman), Suwon dan Daejeon (Korea Selatan), Zapopan (Meksiko), Bucharest (Rumania), Nizhny Novgorod (Rusia), Ekurhuleni City (Afrika Selatan), Marmaris (Turki), Coventry (Inggris), dan Sacramento (AS).
Pembukaan lokakarya yang digelar di tepi Danau Daming, di jantung kota Jinan, itu dilakukan oleh Wawali Jinan, Zhang Haibo. Acara juga dimeriahkan oleh pertunjukan kesenian dari tim kesenian berbagai negara.
Pemkab Sidoarjo menampilkan tari Remo yang merupakan tarian penyambutan tamu khas Jawa Timur.
Tarian ini dibawakan oleh empat siswa SMP Al Falah, Deltasari. “Sebelum menandatangani nota kesepahaman, pihak Pemkot Jinan sudah mengunjungi kabupaten Sidoarjo sebelumnya,” imbuhnya.
Bupati Saiful Ilah mengatakan, kerja sama dengan Pemkot Jinan itu sebagai upaya untuk membuka akses investasi.
Dimana wilayah Sidoarjo meski terkena semburan lumpur, tetap terbuka lebar untuk berinvestasi. Sebab, wilayah Sidoarjo yang ter kena semburan lumpur sejatinya tidak sampai 1 per sen dari luas wilayah se kitar 600 km2.
”Kita ingin menarik investor untuk me nanamkan modalnya di sini (Sidoarjo, red),” kata Bupati Saiful Ilah.

0 comments:

Posting Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Powered By Blogger
Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.