Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Minggu, 14 Oktober 2012

Dahlan Puji Keberhasilan Revitalisasi PG. Toelangan

Menteri BUMN Dahlan Iskan memuji keberhasilan revitalisasi sejumlah pabrik gula (PG). Sejumlah PG yang dulu susah bangkit kini telah mampu membukukan laba.

Meski demikian, mantan dirut PLN tersebut akan tetap memberi perhatian penuh pada pabrik gula yang masih belum mampu bangkit. Dahlan juga menekankan bahwa revitalisasi tidak harus berorientasi proyek.

"Revitalisasi tidak berarti beli mesin baru semuanya. Saya baru saja ke PG Toelangan yang gilingannya peninggalan zaman Belanda sudah lebih dari seratus tahun ternyata begitu diperbaiki tetap bisa beroperasi. Sudah bangkit dan untung. Ini harus jadi contoh dan spirit bersama," ujar Dahlan saat memberikan sambutan peresmian pabrik Semen Gresik, Sabtu (13/10/2012) kemarin.

Revitalisasi harus dilakukan tanpa menanamkan investasi dalam skala besar. Contoh di PG Toelangan, terdapat lima gilingan, semuanya peninggalan zaman Belanda. Tahun-tahun sebelumnya ada satu mesin gilingan yang tak bisa dijalankan. Tahun ini semuanya bisa dijalankan.

Stasiun gilingan di pabrik gula memang berperan penting untuk melarutkan secara maksimal kadar gula di dalam batang tebu untuk mendapatkan gula sebanyak-banyaknya.

Dahlan mengatakan, BUMN kini melakukan gerakan besar-besaran untuk mengamankan ketahanan pangan, termasuk serius membangun pabrik gula. "Soal gula ini harus benar-benar serius," tegasnya.

Mantan dirut PLN itu lantas menceritakan perjuangan berat membenahi pabrik gula. "Problem gula ini sudah tidak ada seminar yang bisa menyelesaikannya. Makanya begitu ditunjuk jadi Menteri BUMN, saya bikin bahtsul masail kubro pabrik gula. Langsung cari solusi-solusinya, praktikkan langsung," ujarnya.

"Terbukti, dengan kerja keras akhirnya banyak pabrik gula yang mampu bangkit," imbuh Dahlan

Dahlan menambahkan, swasembada gula bisa diraih asalkan diikuti dengan kebijakan yang sinergis antarkementerian. Dia mengkritik izin impor raw sugar yang diberikan ke pihak yang tak punya komitmen untuk membangun pabrik gula. "Tapi saya tak mau berlarut-larut dan mempersoalkan itu, yang penting kita pacu produktivitas dengan benahi pabrik gula dan tingkatkaan kepercayaan petani," tuturnya.

Kepercayaan petani ke pabrik gula, kata Dahlan, harus terus dipupuk dan ditingkatkan karena merupakan sumber pasokan tebu. "Dulu petani tidak percaya ke pabrik gula, tapi sekarang semua sudah terbuka, rendemen tidak dipermainkan. Kalau petani senang, kinerja pabrik gula juga pasti akan meningkat," tuturnya
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.