Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Senin, 15 Oktober 2012

Jatim Masuk Pancaroba Waspada Puting Beliung

Memasuki masa peralihan cuaca dari kemarau ke musim hujan (pancaroba) warga Surabaya khususnya dan Jawa Timur pada umumnya dihimbau agar waspada dengan angin puting beliung.

Puting beliung ini kata Taufik Hermawan prakirawan BMKG Juanda kerap muncul setelah berkumpulnya awan comulus nimbus (CB). "Jadi secara visual awan CB ini tampak berkumpul dan hitam, dari sini warga harap mewaspadai timbulnya angin puting beliung," ujarnya, Senin (15/10/2012).

Dari laporan yang sudah masuk di BMKG, di daerah Pamekasan angin puting beliung ini sudah menghampiri warga. Secara pandangan visual awan CB untuk saat ini terlihat diwilayah Selatan, daerah yang perlu di waspadai adalah Malang dan sekitarnya.

Pada masa pancaroba atau masa berakhirnya musim kemarau dan masuk musim penghujan ini diprediksi terjadi hingga Bulan Nopember Dasarian pertama dan kedua. Artinya, musim penghujan untuk Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya akan tiba pada sekitar tanggal 10 Nopember.

"Hujan secara sporadis, untuk intensitasnya belum bisa diprediksi," tukasnya.

Sementara untuk suhu maksimal kata Taufik, dalam minggu ini bisa mencapai 33 derajat celsius, cuaca ini cukup panas dan membuat gerah warga Kota Surabaya dan sekitarnya.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.