Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Minggu, 28 Oktober 2012

Masjid Baitussalam di Perumahan Sekardangan Indah Sidoarjo, Potong Hewan Qurban Gunakan Mesin Cutter Listrik


Dibandingkan dengan masjid-masjid lain di kawasan perumahan di Kabupaten Sidoarjo, Masjid Baitussalam di Perumahan Sekardangan Indah Sidoarjo tergolong masjid terbanyak tiap tahun yang menyembelih hewan qurban.

Bahkan untuk mempermudah tugas panitia qurban, takmir masjid Baitussalam tahun ini, selain menggunakan peralatan tradisional semacam pisau juga menggunakan alat mesin potong cutter listrik.

"Ini untuk mempermudah dan mempercepat pemotongan daging menjadi bagian-bagian kecil," tegas Ketua Panitya qurban masjid Baitussalam-Sekardangan, Gunaryo, Jum'at (26/10/2012).

Mengingat waktu hari pertama Idul Adha yang singkat karena bertepatan dengan Hari Jumat, panitia kurban Masjid Baitussalam perumahan Sekardangan Indah Sidoarjo juga mendatangkan tenaga jagal dari Rumah Penyembelihan Hewan (RPH).

Tak hanya tenaga penyembelih handal yang didatangkan, namun untuk pemotongan tulang dan daging, warga bersama tenaga jagal sapi dan kambing, juga menggunakan mesin potong cutter.

Menurut Gunaryo panitia qurrban, sengaja melibatkan tenaga jagal karena waktu yang diperlukan untuk penyembelihan hewan kurban, sedikit karena bertepatan dengan hari Jumat.

"Insya Allah penyembelihan dan pengemasan daging kurban yang akan dibagikan kepada ribuan warga perumahan, akan rampung sesuai rencana, yakni sebelum jumatan," ucapnya.

Dia menyebut, hewan qurban yang disembelih di Masjid Baitussalam, ada sebanyak 12 sapi dan 29 kambing. Untuk sapi, terbagi dalam dua kelompok, kurban dari perorangan dapat dua ekor sapi, hasil urunan perkelompok tujuh orang, dapat 10 ekor sapi. Sedangkan kambing, semua dari perorangan.

"Semua sapi dan kambing yang diqurbankan ini sudah melalui tes kesehatan dari peternakan," tutur Gunaryo.

Untuk pembagian daging ada 1000 kupon dan sisanya untuk warga yang hadir tanpa kupon.
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.