Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Kamis, 29 November 2012

Kerjasama Pemkab Sidoarjo, Bangun Sea World di Sedati

SIDOARJO – Kota Delta bakal memiliki sea world. Ini setelah ada rencana pembangunan tempat wisata itu di wilayah pantai Sedati. Namun belum ada kepastian, di mana sea world itu akan dibangun.
Saiful Ilah
Rencana pembangunan ini disampaikan Bupati Saiful Ilah, kemarin. Saat memaparkan hasil kunjungan ke luar negeri yang digelar Bagian Kerjasama Pemkab Sidoarjo, Saiful mengatakan ada investor dari China yang siap menanamkan investasinya.
Bahkan sekarang sudah dalam proses pembebasan lahan. “Lahannya untuk sea world tersebut sebagian sudah dibebaskan, tinggal realisasinya saja. Insya Allah tahun depan sudah dimulai,” kata Saiful Ilah, didampingi Kepala Bagian Kerjasama Pemkab Sidoarjo, Ari Suryono.
Butuh tanah luas untuk pembangunan sea world ini. Setidaknya butuh lahan seluas 300 hektar. Dari lahan tersebut, lahan yang tersedia masih 215 hektar. Artinya masih membutuhkan lahan 85 hektar lagi.
Diharapkan, pembangunannya dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Sidoarjo. Selain dapat menyerap tenaga kerja, juga dapat menggeliatkan usaha kecil.
Saiful Ilah mengatakan keseriusan investor untuk membangun Seaworld telah didasarkan berbagai pertimbangan. Salah satunya Sidoarjo dekat dengan laut dan taman wisata laut yang berada di pesisir pantai. Sehingga diharapkan bisa menekan biaya operasional. Bahkan dijanjikan sea world ini akan menjadi yang terbesar di Indonesia.
“Sea world di Sidoarjo nantinya bakal menjadi yang terbesar di Indonesia,” tandas Saiful Ilah. Rencana pembangunan sea world ini sendiri akan dikerjakan Underwater Worda, yakni sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan dan pembangunan sea world.
Perusahaan ini sudah membangun, salah satunya membangun sea world terbesar di Changsa, Provinsi Hunan, China.
Antara Pemkab Sidoarjo dengan pihak investor kini telah menjalin komunikasi intensif.
Untuk pembangunan sea world, keseriusan investor telah dituangkan dalam bentuk penandatanganan pernyataan bersama antara Bupati Sidoarjo dengan Direktur Underwater World, Lim Nay Hian, di Changsan China.
Saat Di sana, Saiful Ilah juga mengunjungi sea world yang dibangun perusahaan tersebut. Apakah Pemkab sudah mempertimbangkan aspek lingkungan dengan dibangunnya taman wisata itu? Bupati mengatakan lahan yang digunakan merupakan kawasan pertambakan.
Tanaman mangrove yang ada di pesisir pantai tetap dipertahankan. Sementara, Ari Suryono, menjelaskan selain ke Hunan, China, bupati juga sudah mengunjungi beberapa negara.
Di antaranya ke Turki penjajakan kerjasama di bidang produksi arang, dan peluang investasi di Kota Delta. Sedangkan ke Australia Barat untuk pengembangan kerjasama bidang transportasi.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.