Informasi Sidoarjo on http://www.infosda.com

Senin, 28 Januari 2013

Pemkab Sidoarjo Guyur BPN Rp 3 Miliar

SIDOARJO – Pemkab Sidoarjo ringan tangan menggelontorkan dana APBD-nya untuk membantu Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sidoarjo.
Meski tergolong sebagai instansi vertikal, kantor pelayanan masyarakat tersebut diberi anggaran Rp 3 miliar untuk pembangunan kantor baru.
Wakil Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo Warih Andono SH
Wakil Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo Warih Andono SH
Salah satu pertimbangannya, BPN selama ini telah menyumbang pendapatan ke APBD dari sektor pertanahan hingga Rp 90 miliar per tahun. Kantor baru BPN Sidoarjo itu akan dibangun di jalan lingkar timur.
Kantor lama di Jalan Jaksa Agung Suprapto bakal dipindah ke sana. Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan membenarkan adanya alokasi anggaran tersebut.
Menurut dia, bantuan itu sangat penting karena kondisi kantor BPN saat ini sudah sangat sesak. ”Ya, sekitar Rp 3 miliar sampai Rp 4 miliar,” ujarnya. Legislator PKB itu menyebut, anggaran miliaran tersebut bakal digunakan untuk membeli tanah di sekitar lahan yang sudah dimiliki BPN Sidoarjo di jalan lingkar timur.
Di lokasi itu, BPN memiliki lahan seluas 3.500 meter persegi. Namun, lahan tersebut menjorok sekitar 100 meter dari jalan utama.
Jadi, perlu pembelian lahan akses agar kantor itu mudah dijangkau masyarakat. Sullamul tak mempersoalkan meski anggaran miliaran rupiah tersebut dialokasikan kepada BPN yang notabene instansi vertikal.
Sebab, BPN memiliki peran penting dalam menerbitkan dan menjaga dokumen pertanahan milik warga Sidoarjo. Di sisi lain, instansi itu juga memberikan sumbangsih cukup besar bagi pendapatan asli daerah (PAD) Sidoarjo.
”Sebab, dari BPHTB (bea perolehan hak atas tanah dan bangunan) saja, BPN menyumbang sekitar Rp 90 miliar per tahun ke PAD,” jelasnya. Wakil Ketua Komisi A (peme rintahan) DPRD Sidoarjo Warih Andono juga sepakat.
Gedung yang luas akan mempermudah pelayanan kepada masyarakat. ”Selama ini banyak pemohon yang mengantre sampai berdiri karena sempit,” ujarnya.
BPN Sidoarjo yang diwakili Kepala Urusan Umum BPN Sidoarjo Wawas Setiawan mengatakan belum mengetahui rencana pemberian anggaran tersebut. Namun, dia membenarkan bahwa BPN berencana membangun gedung baru. ”Saya tidak tahu jika diberikan dalam bentuk uang.
Nanti saya tanyakan kepada pimpinan,” tuturnya.
Saat ini Kantor BPN Sidoarjo menempati lahan milik Pemkab Sidoarjo seluas 1.700 meter persegi di Jalan Jaksa Agung Suprapto.
Meski sudah dua lantai, kantor itu belum mampu menampung jumlah pemohon yang mencapai 5.000 orang per bulan.
Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Tukar Link Disini :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Latest Templates


Informasi Sidoarjo 2012. Diberdayakan oleh Blogger.